TPT di Desa Mekar Jaya Cigudeg Runtuh Akibat Longsor, Robohkan Pondasi Ponpes Al-Dasa

Longsor robohkan TPT bantaran Sungai Cidurian, Desa Mekar Jaya, Cigudeg, Bogor, Minggu 1/12/2019 (dok. KM)
Longsor robohkan TPT bantaran Sungai Cidurian, Desa Mekar Jaya, Cigudeg, Bogor, Minggu 1/12/2019 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Akibat tidak kokohnya betonisasi TPT dan besarnya beban bangunan yang tepat diatasnya, TPT yang dibangun sekitar dua tahun yang lalu oleh pemerintah ambruk diterjang longsor sepanjang 30 meter yang merambat ke Kobong Putra Pondok Pesantren Al-Dasa di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

“Bencana ini terjadi pada Sabtu kemarin, tanggal 1 Desember kurang lebih sekitar pukul 11 malam, saat santri sedang berada di dalam Pondok yang diisi oleh santri putra sebanyak 86 orang,” ujar pimpinan Pondok Pesantren Al-Dasa, H. Ujang Furqon saat ditemui di lokasi kejadian, Minggu 1/12/2019.

“Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, namun menderita kerugian materil sekitar 70 sampai 120 juta rupiah,” tuturnya.

Adapun hingga Minggu siang, kejadian longsor ini belum ada yang memberitahukan kepada pihak Pemerintahan Desa. Nia Kurnia, ketua RT 04 Kampung Kadaka, menuturkan bahwa pihaknya belum sempat melaporkan ke Kantor Desa terkait bencana longsor ini dikarenakan hari libur.

“Dikarenakan terjadinya bencana hari libur, jadi saya belum sempat melapor kepihak Desa, rencana saya secepatnya akan melaporkan kejadian ini ke Desa,” kata Nia Kurnia menjelaskan.

Reporter: Dian Pribadi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*