Pemerintah Kecamatan Pagaden Barat Peringati Hari Nusantara

(dok. KM)
(dok. KM)

SUBANG (KM) – Jajaran pemerintah Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, memperingati Hari Nusantara 2019 di halaman kantor Kecamatan Pagaden Barat, Jumat 13/12.

Acara tersebut dihadiri Camat Pagaden Barat, ASN se-Kecamatan Pagaden Barat dan aparatur pemerintahan desa se-Pagaden Barat.

Dalam kesempatan tersebut Camat Pagaden Barat Deni Setiawan memaparkan sedikit sejarah tentang Hari Nusantara. “Jadi intinya upacara Hari Nasional Nusantara ini, yang dicanangkan dulu oleh H. Juanda yang dulu beliau menjabat sebagai Perdana Menteri. Pada saat menjabat pada tahun 1957, ini kayanya masyarakat atau bangsa Indonesia tidak mengetahui tentang geografis luas peta dan pulau Indonesia. Ternyata di situ terdapat pulau-pulau kemaritiman yang patut kita hargai,” katanya.

“Sehingga terdapat batas-batas antara batas administrasi dan batas-batas  kedaulatan kenegaraan. Sehingga disimpulkan dengan upacara hari nasional ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, walaupun berbagai-bagai pulau, berbagai-bagai karakter, tetapi tetap kita Bhinneka Tunggal Ika,” tambah Camat.

“Pesan saya, patut harus kita ingat awal perjuangan para tokoh-tokoh terdahulu dan sejarah -sejarah yang bisa mendirikan Indonesia serta bisa membawa Indonesia menjadi aman dan damai seperti sekarang ini,” pungkasnya.

Ia juga menambahkan bahwa nilai-nilai perjuangan tersebut patut ditanamkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*