Mahasiswa Undiksha Kerjasama Dengan DJP Bali Gelar Workshop Perpajakan

BALI (KM) – Pelaporan pajak selalu menjadi trending topic bagi seluruh pelaku usaha, pekerja, dan badan usaha mengingat pelaporan pajak di Indonesia yang masih bersifat self assessment. Pemberlakuan self assessment dianggap cukup menimbulkan keresahan karena minimnya pengetahuan masyarakat terkait perhitungan dan tata cara pelaporan pajak.

Sebagai bentuk komitmen Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali di bidang pengabdian kepada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pajak, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Akuntansi Undiksha bekerjasama dengan Tax Center Fakultas Ekonomi Undiksha dan Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah Bali menyelenggarakan acara Workshop Pelaporan SPT & PP No. 23/ 2018 pada Hari Jumat, 13 Desember 2019.

Undiksha yang dikenal dengan sentuhan Salam Harmoni, menyelenggarakan kegiatan Workshop pelaporan pajak tersebut dengan tujuan untuk membantu peningkatan wawasan SDM di bidang perpajakan.

Ratusan peserta workshop yang hadir berasal dari masyarakat umum, perusahaan, organisasi perangkat daerah (OPD), alumni, serta mahasiswa ekonomi dan akuntansi. Hadir sebagai narasumber, Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Bali, Dian Angraeni dan Candra Prasetya selaku Account Representative KPP Singaraja.

Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Undiksha, Dr. Gede Adi Yuniarta, usai membuka acara menyampaikan bahwa Workshop yang diselenggarakan juga bertujuan sebagai salah satu strategi untuk mendekatkan dan mengenalkan implementasi teori di bidang perpajakan kepada mahasiswa.

Menurutnya, menghadirkan para praktisi pajak sangat penting untuk membantu menetralkan antara teori yang diperoleh mahasiswa didalam pembelajaran dikelas dengan praktik riilnya.

Ketua Tax Center FE Undiksha, I Nyoman Putra Yasa dalam acara tersebut menyampaikan bahwa materi yang diberikan juga termasuk tentang pelaporan pajak untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dengan harapan masyarakat umum juga mendapat manfaat dari kegiatan ini khususnya bagi pelaku usaha UMKM.

Reporter: Sunitha Devi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*