Forum Wartawan Jakarta Gelar Konser Budaya “Satoe Hati”

(dok. KM)
(dok. KM)

DEPOK (KM) – Demi memajukan kebudayaan nusantara, Forum Wartawan Jakarta (FWJ) menggelar pentas budaya bertajuk “Konser Satoe Hati” di lapangan Sanca, Jalan Bakti Abri, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jumat 29/11.

Ketua FWJ, Mustofa Adi Karya mengatakan bahwa profesi wartawan juga merupakan pemerhati yang kritis dan saatnya untuk maju mengembangkan budaya bangsa sendiri, karena kebudayaan adalah “harga diri bangsa”.

“Kita sepakat NKRI harga mati, tapi kebudayaan adalah harga diri bangsa, ketika suatu bangsa tidak mempunyai kebudayaan, maka bangsa tidak memiliki harga diri. Untuk itulah mengapa kita mensosialisasikan bagaimana kebudayaan ini kita satukan dalam rasa, hati,” ujar Mustofa.

Mustofa ingin agar teman-teman wartawan yang bekerja turut melakukan satu hal, bukan hanya mengkritik tapi juga peduli terhadap kebudayaan. “Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pemerintah harus jeli melihat hal ini, jangan sampai generasi selanjutnya itu mati kebudayaan, kita itu akan mati karena kita tidak tahu banyak kebudayaan Indonesia yang diklaim di luar negri, pemerintah itu harus peduli, kita harus mensosialisasikan dari sekarang. Kita harus bangkit, satu hal yang kita tegaskan bahwa kebudayaan adalah harga diri bangsa, bangsa yang punya harga diri adalah bangsa yang memiliki kebudayaan,” tegasnya.

Kepala Kantor Kesbangpol, Hakim Siregar dalam sambutannya mewakili Pemerintah Kota Depok menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Konser Satoe Hati yang digagas oleh FWJ dan berharap agar kegiatan tersebut mampu mengangkat nilai-nilai budaya yang ada di Kota Depok.

Lurah Sukamaju Baru, R. Iwan Heru Kusuma saat diwawancarai awak media juga menyampaikan dukungan dan apresiasinya. Dirinya berharap agar kedepan konsep-konsep seperti ini dapat membangun minat warganya terhadap seni budaya karena kegiatan tersebut baru pertama kali diadakan.

“Dengan hiburan rakyat seperti ini, warga kami juga tidak usah jauh-jauh pertemuannya dan juga bisa menjadi ajang silaturahim,” kata Iwan. Dirinya berharap, mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, lancar dan ke depannya bisa diselenggarakan juga di tempat-tempat lain.

“Kebudayaan sendiri di sini memang belum begitu berkembang, bukannya tidak ada, ada seni budaya Topeng cuma memang belum begitu mencuat, tapi kami bersama dengan pengurusnya sedang berusaha kalau memang semuanya terbentuk dengan kegiatan-kegiatan lainnya, kedepan kegiatan seni-seni yang ada di wilayah sini bisa terangkat,” pungkasnya.

Acara yang mulai digelar pada pukul 15.00 WIB tersebut turut dihadiri Perwakilan dari Kodim 0508/Depok, perwakilan Polresta Depok, perwakilan DPC PWRI Kota Depok, Sekber Wartawan Depok serta tamu undangan lainnya.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*