Ratusan Mahasiswa FMI Geruduk Kemenlu, Desak Agar Dubes RI Untuk Saudi Dicopot

Aksi Front Mahasiswa Islam di depan kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat 22/11/2019 (dok. KM)
Aksi Front Mahasiswa Islam di depan kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat 22/11/2019 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Islam (FMI) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Kementerian Luar Negeri, Jl. Pejambon 6 Jakarta Pusat, Jumat 22/11.

Aksi tersebut adalah sebagai bentuk solidaritas terhadap Habib Rizieq Syihab dan ungkapan “kekecewaan” terhadap pemerintah Indonesia, khususnya Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, yang dinilai telah melakukan “tindakan yang tidak sepatutnya” dalam melindungi hak warga negara Indonesia. Menurut FMI, Agus Maftuh dinilai telah melakukan “permainan opini publik” sehingga menciptakan “ketidakpercayaan publik” terhadap Dubes serta “mempermalukan wajah Indonesia di mata dunia internasional”.

Ali Al Attas selaku ketua Pimpinan Pusat Front Mahasiswa Islam menyerukan agar Agus Maftuh dicopot dari jabatannya sebagai Dubes Indonesia untuk Arab Saudi. “Karena tidak becus menjalankan fungsinya,” ujarnya kepada KM di lokasi.

Selain itu Ali meminta agar jangan ada pencegahan dan jangan menghalangi kepulangan Rizieq. “Jangan asingkan HRS, karena tindakan pengasingan adalah tindakan penjajah,” lanjutnya.

“Perwakilan dari massa aksi diterima oleh pihak Kementerian Luar Negeri, yang menjanjikan adanya penyelesaian terhadap permasalahan yang sedang terjadi,” pungkas Ali.

Reporter: Firman
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*