Proyek BBWS Citarum Baru Selesai, Nyaris Ambruk

Pekerjaan lining di Blok Raskatim Desa Tanjungsari Timur, Kecamatan Cikaum, Subang (dok. KM)
Pekerjaan lining di Blok Raskatim Desa Tanjungsari Timur, Kecamatan Cikaum, Subang (dok. KM)

SUBANG (KM) – Pekerjaan proyek lining yang berada di wilayah Desa Tanjungsari Timur, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang, yang dikerjakan oleh Kades setempat dan GP3A Mitra Cai baru dua minggu selesai sudah nyaris ambruk.

Pekerjaan tersebut dibiayai oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum sebesar kurang lebih Rp 190 juta, ditambah biaya swadaya masyarakat dengan total panjang 155 meter dan tinggi 130 cm hingga 140 cm

Sayangnya, di lokasi tersebut tidak ditemukan papan informasi sesuai amanat Udang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), sehingga detail proyek tersebut sukar ditemukan.

Pekerjaan tersebut sekarang sudah nyaris ambruk, dengan retak-retak di beberapa bagian dan ditopang balok-balok kayu.

Kepala Desa Tanjungsari Timur, Ahmad, saat dimintai keterangan oleh kupasmerdeka.com melalui telepon pada Senin 11/11 mengatakan bahwa pekerjaan tersebut memang dikerjakan oleh GP3A Mitra Cai dan dirinya. “Pekerjaan itu dibiayai oleh BBWS Citarum dengan besar anggaran Rp 190 [juta]-an dan ditambah biaya swadaya masyarakat dengan volume 155 meter tinggi 130 cm dan di tambah hasil swadaya 5 meter kiri kanan,” jelasnya.

“Kalau mengenai topang pakai bambu itu sebagai pencegahan agar tidak terjadi ambruk, tapi itu sewaktu diaudit pekerjaan itu tidak apa-apa dan itu inisiatif petani semuanya ingin ditopang, kata saya silahkan saja,” ucap Kades

Menurut Ahmad, pecah dan retak-retak itu diakibatkan adanya bencana banjir dan longsor yang terjadi setelah audit.

“Pada akhirnya dengan adanya banjir saya bersama masyarakat menganggarkan swadaya rame-rame sehingga lining tersebut ditopang pakai kayu,” katanya.

“Saya belum melaporkan ke pihak BBWS karena pekerjaan itu sekarang sudah tanggung jawab masyarakat,” tambahnya.

“Pekerjaan ini baru dua mingguan, itu terjadi bencana waktu ada hujan tiga hari yang lalu. Pekerjaan tersebut sekarang sudah diterima oleh pihak BBWS dan kalau mengenai pemeliharaan itu tidak ada anggarannya dari BBWS. Ada pemeliharaan juga itu nanti oleh masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: udin
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*