“Al Quds Amaanati” Gandeng Ormas untuk Edukasi dan Diseminasi Tentang Palestina

Direktur Harian Al Quds Amaanati, Syukron Muchtar saat bersama awak media (dok. KM)
Direktur Harian Al Quds Amaanati, Syukron Muchtar saat bersama awak media (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Al Quds Amaanati Indonesia, sebuah yayasan kemanusiaan yang bergerak di bidang “keilmuan, edukasi dan diseminasi” untuk memberikan pengetahuan dan penyadaran tentang Palestina secara “komprehensif, programatik dan diplomatik”, bekerjasama dengan aliansi lembaga kemanusiaan Palestina lainnya. Yayasan yang menginduk kepada organisasi serupa di Turki itu mengaku fokus kepada edukasi tentang masalah Palestina tanpa memandang afiliasi politik maupun agama. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Harian Al Quds Amaanati, Syukron Muchtar.

“Al Quds Amaanati awal berdiri pada tahun 2006 di Turki, sedangkan di Indonesia baru berdiri kurang lebih 4 bulan, tepatnya bulan Agustus 2019, dan terdaftar di Kemenkumham sebagai yayasan, bersifat edukatif dan kolaboratif, saat ini berkantor pusat di Pasar Minggu Jakarta Selatan,” ungkap Syukron saat ditemui kupasmerdeka.com, Selasa 12/11.

Syukron juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki perhatian secara khusus tentang permasalahan Palestina, baik pemerintah ataupun masyarakat pada umumnya. Selain itu Al Quds Amaanati, tidak terbatasi dengan partai politik, perbedaan agama ataupun hal yang lain. “Ya karena di dalam permasalahan Palestina bukan hanya permasalahan akidah namun juga permasalahan kemanusiaan,” ujar Syukron.

Syukron menuturkan, dalam misinya Yayasan Al Quds Amaanati bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat secara umum akan pentingnya masalah Al Quds dan Masjid Al Aqsa. “Program yang sudah berjalan sampai saat ini adalah kegiatan dauroh, seminar di beberapa masjid dan kampus, selain itu kami juga sudah bekerjasama dengan beberapa lembaga dan keorganisasian yang peduli dengan Palestina,” katanya.

“Ya diantaranya Rumah Zakat Sukses, Wahdah Islamiyah, FPI, Ikatan Da’i Indonesia dan kedepannya akan bekerjasama dengan elemen, lembaga, organisasi ataupun perorangan lainnya,” tutur Syukron.

Lebih lanjut, Syukron mengatakan, harapan pihaknya kepada masyarakat khususnya pemuda, agar membangun sinergitas untuk peduli terhadap Al Aqsa. “Karena ini adalah akidah kita dan tentang kemanusiaan, serta diharapkan untuk menjadi kader-kader kepalestinaan yang menguasai materi, sejarah tentang Al Aqsa, dan segala hal tentang Palestina,” pungkas Syukron.

Reporter: Firman
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*