Penyalahgunaan Mobil Siaga Desa di Desa Situ Ilir Cibungbulang, Kades Mengaku Bingung

Mobil Siaga Desa (dok. Jombangkab.go.id)
Mobil Siaga Desa (dok. Jombangkab.go.id)

BOGOR (KM) – Menyikapi adanya aduan warga terkait pemakaian Mobil Siaga Desa Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, yang diduga disalahgunakan oleh salah seorang oknum Ketua RT Babakan 1, ketua bidang hikmah Pengurus Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bogor Iksan Awaludin mengatakan, fenomena terkait penyalahgunaan aset milik negara memang sering ditemukan, dan dirinya menyayangkan tidak adanya upaya penindakan yang tegas.

“Ya padahal jelas itu sudah melanggar daripada tupoksi dari mobil Siaga Desa tersebut,” ujar Iksan saat dihubungi KM kemarin 6/10.

Menurut Iksan, Kepala Desa harus mampu memonitor penggunaan Mobil Siaga tersebut, dan harus menindak tegas agar jangan sampai digunakan untuk pentingan pribadi, bukan kepentingan masyarakat.

“Ya hadirnya Mobil Siaga di desa ini, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada warga desa dalam bidang kesehatan, dan gawat darurat medis, serta memberi kenyamanan kepada warga atas ketersediaan pertolongan gawat darurat yang sewaktu-waktu diperlukan. Bukan untuk kepentingan pribadi seseorang,” tegas Iksan.

Sementara Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Desa Situ Ilir, Cibungbulang, Bogor, Saeful Manan mengatakan, terkait hal tersebut dirinya mengaku “bingung”, sehingga mobil Desa itu akan ditarik dan ditempatkan di rumahnya.

“Ya saya bingung soal mobil desa tersebut, soalnya mobil bukan di saya. Maka akan saya bawa mobil desa ke rumah saya,” ungkap Saeful.

Saat ditanya apakah akan ada tindakan terhadap dugaan penyalahgunaan mobil desa oleh oknum ketua RT di wilayahnya, Saeful mengatakan bahwa pihaknya akan “bermusyawarah dulu.”

“Ya segala apapun adanya musyawarah dulu,” tutup Saeful singkat.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*