Masyarakat Ikut Danai Pamsimas Desa Sukaraksa Cigudeg, Pemdes: “Agar Tidak Manja”

Warga Kampung Babakan Manglid, Desa Sukaraksa, bergotong royong membangun saluran pipa Pamsimas (dok. KM)
Warga Kampung Babakan Manglid, Desa Sukaraksa, bergotong royong membangun saluran pipa Pamsimas (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pemerintah Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, merealisasikan 10% Dana Desa (DD) tahap II untuk membantu program “Pamsimas” untuk pengadaan pipa untuk menyambungkan air ke sekitar 200 rumah warga di Kampung Babakan Manglid. Program Pamsimas itu bersumber anggaran dari pusat (APBN), ditambah bantuan 10% dari DD dan BPHRD, dan merupakan hasil kesepakatan dari Kementerian PUPR, Kesehatan, Kemendes dan Kemendagri.

“Untuk Desa Sukaraksa kita mengambil anggaran dari DD, sebetulnya ada tiga sumber anggaran untuk pembangunan Pamsimas tersebut, dari APBN, DD atau BPHRD dan yang ketiga dari masyarakat berbentuk uang dan tenaga,” ujar Deri, Satlak Pamsimas Desa Sukaraksa saat ditemui di Kantor Desa Sukaraksa, Selasa 1/10.

Ia menambahkan bahwa program Pamsimas merupakan program yang membantu masyarakat, dan masyarakat pun membantu dengan gotong royong. Anggaran Pamsimas Desa Sukaraksa yang diterima dari APBN sebesar Rp245.000.000 ditambah dari APBDes Rp3.500.000 dan sisanya dari masyarakat. “Kenapa harus ada bantuan dari masyarakat, agar masyarakat ada rasa pertanggung jawaban dan tidak manja,” tambahnya.

“Dalam pengelolaannya harus dibentuk kelompok Kapespam yang bertugas untuk memelihara dan merawat Pamsimas tersebut agar berjalan dengan baik. Pembentukan Kapespam harus benar-benar yang mempunyai dedikasi tinggi dan keanggotaannya dari masyarakat setempat,” pungkasnya.

Reporter : dian pribadi
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*