Harapkan Hujan Jelang Musim Tanam, Petani Desa Margahayu Gelar “Ruwat Bumi”

(dok. KM)
(dok. KM)

SUBANG (KM) – Dalam menyambut musim tanam, Pemerintah Desa (Pemdes) Margahayu, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, menyelenggarakan acara “Ruwat Bumi” di halaman Kantor Desa Margahayu, Minggu 13/10.

Acara yang bertujuan mampererat rasa persatuan antar warga dan melestarikan adat budaya leluhur tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Subang Aceng Kudus, Asisten Daerah III Pemerintah Daerah Kabupaten Subang Nana Mulyana, Camat Pagaden Barat Deni Setiawan, dan Kepala UPTD Pertanian Cecep.

Kepala Desa Margahayu Main Permana berharap acara Ruwat Bumi ini menjadi acara yang memberikan tumbuhnya kembali rasa persatuan dan kesatuan warga, serta sebagai harapan untuk segera turun hujan.

“Ya warga Desa Margahayu mayoritas sebagai petani, selain untuk mempererat silaturrahmi, ini juga sebagai syareat [doa] agar segera turun hujan, agar dapat bercocok tanam dan memperoleh hasil pertanian yang baik,” ungkap Main kepada awak media.

Sementara Pemerintah Kabupaten Subang yang diwakili Asisten Daerah III Nana Mulyana mengatakan, dengan adanya acara seperti ini semoga menjadi simbol bagi warga Subang untuk melestarikan adat budaya leluhur tentang pertanian.

“Dan juga semoga menjadi motivasi bagi petani untuk meningkatkan hasil pertanian di wilayah Kabupaten Subang khususnya,” pungkas Nana.

Reporter: Ahmad/Udin
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*