Betonisasi Jalan di Perumahan Permata Regensi Bermasalah, Disperkimtan Kabupaten Bekasi Enggan Komentar

Kondisi Pekerjaan di Jl. Jambu I RT004/022 Perumahan Permata Regensi, Kelurahan Wanasari  Cibitung (dok. KM)
Kondisi Pekerjaan di Jl. Jambu I RT004/022 Perumahan Permata Regensi, Kelurahan Wanasari  Cibitung (dok. KM)

BEKASI (KM) – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi diminta tegas dalam menindak kontraktor yang melaksanakan proyek betonisasi jalan di Jalan Jambu I Blok J2 Perumahan Permata Regensi, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi, yang diduga sarat penyelewengan.

Konsultan kegiatan, Yosep, saat dikonfirmasi KM mengenai agregat, papan proyek dan hasil core drill menjelaskan bahwa pihaknya sudah memeriksa proyek tersebut. “Kalau untuk core drill semuanya dapat, sedangkan mengenai agregat kita akan melakukan pemotongan sesuai yang digelar di lapangan dan kita sudah laporan ke PPTK,” kata Yosep kepada KM.

Di sisi lain, pihak Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Disperkimtan Kabupaten Bekasi Bidang Perumahan Komar melalui pesan singkat mengatakan bahwa dirinya tidak bisa memberi jawaban atas permasalahan proyek tersebut, dan memilih untuk bungkam.

Terpisah, pemerhati infrastruktur, Yanto, saat dimintai tanggapan oleh KM Rabu 9/10 menyatakan bahwa sistem pengawasan Disperkimtan Kabupaten Bekasi memang lemah.

“Salah satu penyebabnya adalah sistem pengawasan dari pihak Dinas yang sangat lemah, ditambah tidak ada sikap tegas terhadap kontraktor yang nakal, malah terkesan tutup mata,” katanya.

“Harusnya PPK sudah mengantisipasi untuk meminimalisir kejadian seperti ini. Sehingga hasil dari pekerjaan sesuai dengan RAB. Dan mengevaluasi kinerja PPTK dalam mengawasi pekerjaan disetiap titiknya,” tegas Yanto.

“Dan lucunya konsultan yang dibayar harusnya melakukan teguran ketika ada kejanggalan dalam pekerjaan itu, ini seolah-olah melakukan pembiaran dalam pekerjaan tersebut,” cetus Yanto.

Yanto pun meminta agar Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi bertindak tegas untuk setiap proyek yang dikerjakan kontraktor seperti itu.” Bila perlu blacklist perusahan dan kontraktornya,” pungkasnya.

Reporter: mon
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*