Adira Finance dan Yayasan Danamon Peduli Gelar “Festival Pasar Rakyat” di Pasar Cileungsi

Head of Keday Adira Finance Andi Kurniawan, Kepala Wilayah Area Jabodetabekser Adira Finance Krisdianto, dan Ketua Yayasan Danamon Peduli Jenik Andreas (dok. KM)
Head of Keday Adira Finance Andi Kurniawan, Kepala Wilayah Area Jabodetabekser Adira Finance Krisdianto, dan Ketua Yayasan Danamon Peduli Jenik Andreas (dok. KM)

BOGOR (KM) – Adira Finance sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia menggelar Festival Pasar Rakyat (FPR) di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor, Minggu 20/10.

FPR, yang merupakan program CSR Sahabat Lokal Adira Finance, berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli mengajak generasi muda untuk “memberdayakan dan mengedukasi masyarakat di lingkungan pasar rakyat dan sekitarnya”, serta turut melestarikan kesenian dan budaya daerah setempat.

FPR tersebut diselenggarakan dalam rangka mendorong pasar rakyat menjadi “ruang publik yang kreatif”, dan diselenggarakan di 5 kota, yaitu Magelang, Bogor, Pontianak, Denpasar serta Mataram. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal yang diadakan dalam rangka HUT Adira Finance ke-29.

Adapun FPR Bogor 2019 mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dan komunitas lokal. Kepala Wilayah Area Jabodetabekser Adira Finance,1 Krisdianto, mengaku bahwa Adira Finance memiliki “perhatian khusus” pada pasar rakyat di Indonesia.

“Semoga dengan diselenggarakan Festival Pasar Rakyat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat akan potensi pasar rakyat, yang tidak lagi hanya menjadi tempat transaksi jual beli semata namun juga menjadi ruang publik yang kreatif,” ujar Krisdianto kepada KM kemarin.

FPR Bogor ini digelar 19-20 Oktober 2019, dan diwarnai dengan aneka acara seperti lokakarya dan diskusi, fashion show, bank sampah, pameran seni rupa, stand-up comedy, pembuatan E-KTP, dan SIM keliling.

Acara yang melibatkan lebih dari 20 komunitas anak muda lokal Kabupaten Bogor tersebut berhasil menjaring 500 peserta dan ribuan pengunjung.

Sebagai wujud dukungan terhadap kegiatan FPR Bogor 2019, Bupati Bogor Hj. Ade Yasin dan Direktur Utama PD Pasar Tohaga, Haris Setiawan turut hadir membuka kegiatan hari ini didampingi dengan Kepala Wilayah Area Jabotabek Adira Finance Suwanto, Head of Keday Adira Finance Andy Kurniawan, serta Ketua Umum Yayasan Danamon Jenik Andreas dan Ketua Panitia Festival Pasar Rakyat Bogor Sigit.

Krisdianto juga mengungkapkan bahwa Adira Finance akan mempersembahkan penghargaan khusus yaitu Pasar Rakyat Paling Mempesona bagi Pemerintah Daerah dan komunitas lokal penyelenggara Festival Pasar Rakyat yang mampu menampilkan potensi dan pesona pasar rakyat sebagai ruang publik yang edukatif dan kreatif, dengan mengajak keterlibatan masyarakat luas.

“Terima kasih atas semangat dan totalitas rekan-rekan generasi muda dari komunitas lokal mampu menjadikan pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif. Harapan kami kegiatan ini berkesan baik bagi pengelola pasar, komunitas pedagang, pengunjung, maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung kepasar rakyat,” pungkas Krisdianto.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*