PMII Tegaskan Komitmen untuk Tangkal Radikalisme

Peserta kegiatan Seminar Kebangsaan di Gedung Aula KNPI Kota Langsa, Selasa 17/9/2019 (dok. KM)
Peserta kegiatan Seminar Kebangsaan di Gedung Aula KNPI Kota Langsa, Selasa 17/9/2019 (dok. KM)

LANGSA (KM) – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menegaskan kembali komitmennya untuk menjadi “organ terdepan dalam menangkal segala bentuk radikalisme”.

“PMII harus berada di garda terdepan, bersama dengan organisasi mahasiswa dan pemuda lainnya, dalam menjaga keutuhan NKRI dan meningkatkan semangat persatuan serta kesatuan sebagai sebuah bangsa Indonesia,” sebut Ketua PMII Kota Langsa, Syarwan Al-Fatih ketika memberikan sambutan kegiatan Seminar Kebangsaan yang dilaksanakan di aula KNPI setempat, Selasa 17/9.

Menurut dia, kegiatan seminar tersebut merupakan bagian dari upaya bersama untuk terus menjaga keberlangsungan bangsa. Sesuai dengan temanya “Meningkatkan Semangat Kebangsaan dikalangan Generasi Milenial Demi Keutuhan NKRI”.

Diakui Syarwan, saat ini banyak sekali kaum milenial yang terjebak dengan isu bernuansa provokatif sehingga memicu pecah belah di antara kaum muda. Selain itu, aksi-aksi radikalisme menjadi marak dewasa ini, dan butuh perhatian segenap warga bangsa, termasuk pemuda.

Karenanya, lanjut dia, PMII berkepentingan untuk terus memupuk semangat nasionalisme di kalangan mahasiswa dan pemuda. “Seminar Kebangsaan [ini] adalah wujud dari kepedulian itu. Agar bisa memaknai kembali betapa pentingnya nasionalisme dengan menjunjung kearifan lokal,” kata Syarwan.

Asisten Setdako Langsa, Junaidi, yang hadir mewakili Walikota Usman Abdullah menyebut, sebagaimana diketahui bersama bahwa PMII merupakan salah satu organisasi mahasiswa Islam tertua di Indonesia selain HMI yang telah banyak berkontribusi dalam pembangunan
masyarakat, bangsa dan negara.

Pemerintah Kota Langsa, tambah Junaidi, “merasa penting kegiatan-kegiatan seminar kebangsaan seperti ini terus dilaksanakan secara terus menerus, minimal setahun sekali. Sebagai upaya untuk menangkal radikalisme, dan menambah wawasan kebangsaan dan kecintaan kepada negeri tercinta ini.”

Membaca sambutan Wali Kota, Junaidi mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Langsa juga berharap agar PMII dapat bekerjasama dengan organisasi-organisa lainnya, baik organisasi mahasiswa, pemuda maupun organisasi kemasyarakatan dalam menjaga dan melestarikan keutuhan NKRI Ini.

“Kepada adik-adik PMII dan seluruh panitia acara Seminar Kebangsaan, saya atas nama Pemerintah Kota Langsa mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tingginya atas terlaksananya kegiatan ini,” tutup Junaidi mengakhiri sambutan Wali Kota.

Reporter: Syahroel
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*