Pekerjaan Betonisasi Jalan di Wanasari Diduga Sarat Kecurangan

Lokasi pekerjaan betonisasi jalan di Perumahan Permata Regensi Jalan Jambu I. Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi (dok. KM)
Lokasi pekerjaan betonisasi jalan di Perumahan Permata Regensi Jalan Jambu I. Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi (dok. KM)

BEKASI (KM) – Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah mengalokasikan jatah APBD tahun 2019 pekerjaan infrastruktur untuk diterapkan melalui Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan). Salah satu proyek terkait adalah pekerjaan jalan lingkungan (jaling) di Perumahan Permata Regensi Jl. Jambu I Blok J2 RT 004/022 Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, yang diduga sarat kecurangan.

Saat awak KM memonitor lokasi kegiatan Kamis 19/9, ditemukan ketebalan beton di bawah standar, bahkan ditambahkan air lagi, yang dapat menurunkan kualitas beton tersebut. Di lokasi pun pihak kontraktor tidak memasang papan nama proyek.

Yosep sebagai pihak konsultan ketika dimintai tanggapan mengaku sudah menegur kontraktor nakal tersebut. “Saya sudah tegur dan nanti juga akan kita lakukan pengecekan pemeriksaan hasil kegiatan tersebut,” kata Yosep dengan singkat.

Terpisah, pemerhati infrastruktur Saut MN mengecam pemborong yang tidak memasang papan plang nama proyek. Menurutnya, mereka sudah melanggar Undang-undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukan Informasi Publik (KIP).

Sementara mengenai beton yang telah ditambahkan air, dirinya menduga pihak kontraktor melakukan kecurangan. “Akibat bahan material ditambahkan air, otomatis hasil beton akan lebih banyak kubikasinya,” jelas Saut.

Tambah Saut, pihak dinas harus tegas kepada kontraktor seperti itu. “Bila perlu kedepannya tidak usah diberi pekerjaan lagi. Kerena masih banyak kontraktor yang profesional dalam segi pekerjaan,” katanya.

“Untuk pihak dinas dan konsultan, ketika ada temuan di lokasi yang tidak sesuai dengan spek harus lakukan pemotongan, dibayar sesuai yang dikerjakan. Tapi kalau tidak dilakukan pemotongan, ini sudah jelas kongkalikong,” tegasnya.

Reporter: Mon
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*