Longsor di Gampong Pondok Keumuning-Langsa, Jalan Lintas dan Rumah Warga Terancam Amblas

Keuchik dan pihak BPBD Langsa saat meninjau lokasi longsor di Gampong Pondok Keumuning.(Dok.KM)
Keuchik dan pihak BPBD Langsa saat meninjau lokasi longsor di Gampong Pondok Keumuning.(Dok.KM)

LANGSA (KM) – Akibat longsor yang terjadi pada salah satu box culvert jalan lintas utama Gampong Pondok Keumuning, Kecamatan Langsa Lama, jalan lintas daerah ini terancam amblas atau rusak.

Selain itu, longsor juga terjadi di saluran pembuangan air Dusun Rahayu, Gampong Pondok Keumuning, yang mengancam keberadaan sejumlah rumah warga sekitar.

“Setelah kita laporkan kemarin, hari ini pihak BPBD telah turun langsung melihat ke lokasi longsor di jalan utama dan saluran pembungan yang berada d Dusun Rahayu ini,” ujar keuchik setempat, Syaiful, saat ditemui KM di lokasi pagi ini 5/9.

Keuchik Syaiful menambahkan, setelah melihat longsor ini ke lokasi, pihak BPBD Langsa, yang diwakili oleh Kabid Kedaruratan BPBD Zainal Abidin dan sejumlah staf lainnya, akan melaporkan kepada Wali Kota Langsa untuk tindak lanjut ke depannya.

“Kita berharap pemerintah segera membuat talud di bagian yang terjadinya longsor di dua lokasi yakni, di jalan utama dan Dusun Rahayu Gampong Pondok Keumuning ini,” sebutnya.

Karena menurutnya, jika tidak segera dibangun talud, ditakutkan longsor akan terus berlanjut dan membahayakan keberadaan jalan utama gampong setempat.

“Kemudian longsor yang terjadi saluran pembuangan air di Dusun Rahayu, juga kini membahayakan keberadaan sejumlah rumah warga yang ada di sekitar lokasi longsor tersebut. Pasalnya, longsor semakin hari semakin melebar dan saat ini terus mengarah ke lokasi rumah warga yang terancam ambruk ke saluran pembuangan air itu,” katanya.

“Longsor ini bisa dihentikan apabila di sana segera dibangun talud, karena longsor kini semakin membahayakan rumah warga,” imbuh Syaiful.

Reporter: Muddin
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*