IMM Bogor Latih 30 Kader Peserta “Latihan Instruktur Dasar Nasional”

Peserta Latihan Instruktur Dasar Nasional dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Bogor, 14 September 2019 (dok. KM)
Peserta Latihan Instruktur Dasar Nasional dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Bogor, 14 September 2019 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bogor mengadakan Latihan Istruktur Dasar Nasional bertema “Menumbuhkan Ghirah Perkaderan Dalam Upaya Terciptanya Insan yang Unggul Dan Berkompetensi” pada 11-14 September 2019 lalu di kompleks Kantor PDAM Kota Bogor. Acara pelatihan tersebut diikuti 30 peserta dari Bogor dan dari berbagai daerah lain, termasuk Jakarta dan Palembang.

Ketua Umum PC IMM Bogor Arfiano mengungkapkan bahwa Instruktur adalah “rahimnya kaderisasi”, sehingga kuantitas dan kualitas kader IMM bergantung pada penggemblengan kaderisasi Instruktur, baik secara formal maupun non formal, yang menyangkut pada militansi kader.

“Ya Instruktur merupakan ruhnya IMM, dilahirkan dengan perkaderan formal dan berjenjang meliputi LID (Latihan Instruktur Dasar), LIM (Latihan Instruktur Madya), LIP (Latihan Instruktur Paripurna),” ungkap Arfiano kepada KM, Minggu 15/9.

Sementara Instruktur Nasional Rofhiatul menjelaskan, Sistem Perkaderan Ikatan (SPI) bukan barang baku, namun sewaktu-waktu akan terus berubah sesuai tantang zaman. “Dengan lahirnya kembali Instruktur-instruktur merupakan keniscayaan yang kemudian sama-sama menafsirkan zaman yang harus direspon dengan tepat guna. SPI ini bisa relevan dan mewujudkan kader yang berkualitas,” jelas Rofhiatul.

Usai penggemblengan itu, pimpinan cabang IMM mengajak para peserta studi ke Museum Kepresidenan. “Tujuannya adalah untuk membangkitkan jiwa nasionalisme kader IMM,” pungkas Arfiano.

Reporter: firman
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*