Hitungan Hari Jalan Beton di Perumnas 3 Sudah Retak, Aktivis Prihatin Minimnya Pengawasan Proyek di Kota Bekasi

Hasil pekerjaan jaling di Jalan Bangka Perumnas 3 Aren Jaya, Bekasi Timur (dok. KM)
Hasil pekerjaan jaling di Jalan Bangka Perumnas 3 Aren Jaya, Bekasi Timur (dok. KM)

BEKASI (KM) – Banyak ditemukan proyek pengecoran jalan milik Pemerintah Kota Bekasi (Pemkot) yang belum satu tahun umurnya namun sudah mengalami keretakan.

Salah satunya proyek jalan di Jalan Bangka RT007/016 Perumnas 3 Kelurahan Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, yang sudah mengalami keretakan, padahal proyek tersebut baru rampung beberapa hari yang lalu.

Keretakan jalan terjadi di beberapa titik, dan menjalar layaknya batik.

Ketika itu, Sariman selaku mandor mengaku bahwa pihaknya sudah menghimbau kepada pengawas agar mengambil langkah pencegahan, namun himbauannya diabaikan.

“Udah saya ingatkan pengawas di saat pengecoran, di atas paving jangan pake plastik. Entar pasti retak walapun tebal. Kata dia enggak,” terang Sariman.

Sementara Widayat Subroto, Kepala Bidang Bina Marga (Kabid BM) Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi mengakui bahwa pihaknya belum meninjau langsung. “Kami tindak lanjuti dengan pemeriksaan lapangan,” jawabnya dengan singkat.

Menanggapi hal tersebut, Saut Nainggolan, pemerhati infrastruktur mengatakan, supaya hasil pekerjaan kualitasnya bagus maka dalam pekerjaan dan penggunaan bahan material harus sesuai dengan ketentuan yang sudah diatur dan disepakati dalam RAB. “Saya merasa prihatin terhadap pemborong yang tidak mengindahkan aturan, begitupun dengan pihak pengawas dan konsultan yang kurang tegas kepada kontraktor,” kecamnya.

Dirinya pun meminta kepada inspektorat agar segera turun ke lapangan untuk mengecek proyek tersebut. “Karena jika dibiarkan akan berpotensi merugikan negara. Jika perlu lakukan audit BPK,” tegas Saut.

Reporter: mon, den
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*