Beralih ke Pengelolaan PD. PPJ Sejak 2013, Sub Terminal Merdeka Kota Bogor Sudah Tidak Berfungsi Lagi

Sub Terminal Merdeka yang menjadi lahan PD PPJ Kota Bogor (dok. KM)
Sub Terminal Merdeka yang menjadi lahan PD PPJ Kota Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Sejak lama fungsi Sub Terminal Merdeka Kota Bogor tidak jelas peruntukannya. Angkutan Kota (Angkot) yang beroperasi sembarangan dalam mengetem, menaikan dan menurunkan penumpang pun turut menambah kesemerawutan di sekitar Jalan Merdeka.

Pantauan kupasmerdeka.com di lokasi, lahan Sub Terminal Merdeka dijadikan aktivitas pedagang dan perpakiran para pengunjung, sehingga angkot tidak lagi mengetem di Terminal Merdeka. Beberapa angkot dari lima trayek pun ada yang parkir, menunggu, menaikkan dan menurunkan penumpang di sepanjang Jalan Merdeka dan lingkup Pusat Grosir Bogor (PGB), yang menjadi salah satu titik kesemrawutan Kota Bogor.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Dodi Wahyudin mengatakan, lahan Sub Terminal Merdeka kini bukan lagi kewenangan dari Dishub Kota Bogor, tapi sudah dialihkan kepada Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor. Hal itu diungkap Dodi saat dihubungi KM, Minggu 15/9.

“Ya itu sudah lama masuk dalam penyertaan modal PD PPJ, kalo tidak salah sejak 2013 lalu,” tambah Dodi.

Dodi juga membenarkan saat ini angkot-angkot yang beroperasi di Jalan Merdeka tidak memiliki terminal. “Ya benar, angkot yang masih mengetem, menurunkan dan menaikkan penumpang di sekitar Jalan Merdeka Kota Bogor tidak memiliki terminal,” terang Dodi.

Sementara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor Muzakkir mengatakan, sejak 2013 sudah tidak ada lagi Sub Terminal Merdeka Kota Bogor. “Karena lahan tersebut di bawah kewenangan PD PPJ sejak 2013, jadi sudah tidak ada lagi Sub Terminal Merdeka, tetapi hanya jadi jalur perlintasan saja,” ungkap Muzakkir.

Kedepannya, lanjut Muzakkir, “ini masih bentuk kajian, lahan tersebut memungkinkan di bawah buat terminal (kalau diperlukan) dan atas untuk pasar,” jelasnya.

“Sekarang ini lahan eks Sub Terminal Merdeka, sudah di bawah PD PPJ, itu sejak 2013,” pungkas Muzakkir.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*