Soal Penetapan Kursi Anggota DPRD Mimika, Nasdem “Percayakan dan Terima Apapun” Putusan KPUD

Aser Gobai, Ketua DPD NasDem Timika
Aser Gobai, Ketua DPD NasDem Timika

MIMIKA, PAPUA (KM) – Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Mimika Aser Gobai mengatakan, berkenaan dengan penetapan kursi partai dan calon anggota DPRD terpilih Kabupaten Mimika hasil Pemilihan Legistratif 2019, pihaknya sudah menyerahkannya sepenuhnya kepada KPUD Kabupaten Mimika. Hal itu diungkapkan Aser dalam keterangan kepada wartawan siang ini 1/8.

“Partai NasDem Kabupaten Mimika sangat menghormati dan menerima seluruh pengurus DPD, DPC, DPrt, kader, caleg, pendukung, simpatisan rakyat Kabupaten Mimika. Sudah konsolidasi satukan hati, satu jiwa, satukan pikiran dan satukan doa,” ujar Aser.

“Mendukung penuh pleno KPUD Kabupaten Mimika, kami partai politik Partai NasDem sebagai perserta pemilu mentaati jadwal yang ditetapkan oleh lembaga penyelenggara Negara,” katanya.

Dijelaskan Aser, pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Mimika menegaskan penyelesaian cukup akan diselesaikan secara internal dan tidak perlu sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK), dan ini sudah diatur dalam petunjuk teknis sebagaimana ditetapkan dalam peraturan Partai NasDem… yang menyatakan bahwa kewenangan untuk memeriksa Dokumen sertifikasi di tingkat Model C1 KPPS, Model C1 Pleno DAA1 dan Model DA1 Rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Partai NasDem dan Calon DPRD Kabupaten Mimika dan memutus sengketa internal pergeseran suara calon anggota DPRD Kabupaten adalah wewenang penuh oleh Dewan Kehormatan Partai NasDem,” paparnya.

Oleh karena itu Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Papua akan menggelar sidang gugatan internal partai untuk penyelesaian perselisihan perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Mimika. Dijadwalkan pada 5 Agustus 2019 di Kantor DPW Partai NasDem Provinsi Papua,” katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Mimika Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan ini mengatakan, dalam Pleno Penetapan Kursi dan Calon DPRD Terpilih yang ditetapkan oleh KPUD Kabupaten Mimika, pihaknya “sangat hormati suatu keputusan lembaga [KPUD].”

“Dan siapa yang akan mengisi kursi Partai NasDem Kabupaten Mimika, kami akan pedomani keputusan pelaksaanaan sidang internal, ini merupakan semangat komitmen Partai NasDem. Perselisihan suara internal Partai diselesaikan melalui DK (Dewan Kehormatan) DPP Partai NasDem di Provinsi Papua, dan penyelesaian perselisihan eksternal partai diselesaikan melalui MK,” paparnya.

“Ini adalah persidangan yang luar biasa keluarga Partai NasDem, dan semangatnya adalah semangat kekeluargaan, bukan semangat permusuhan, karena kita adalah keluarga besar Partai NasDem” ujarnya.

Reporter: Ernest
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*