Langgar Sempadan Jalan Pantai Pasir Padi, Gedung Restoran Neptune Nekat Tabrak Aturan

Pembangunan restoran Neptune di kawasan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang (dok. KM)
Pembangunan restoran Neptune di kawasan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang (dok. KM)

PANGKALPINANG (KM) – Gedung restoran Neptune Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, ternyata dibangun tanpa kantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), yang berindikasi melanggar Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan dan Gedung.

Pantauan KM di lokasi siang ini 20/8, tampak para pekerja sibuk bekerja membangun gedung tersebut. Lantaran tidak menemukan plang IMB di lokasi proyek tersebut, KM pun memeriksa ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Pangkalpinang.

Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan di KPPT Pangkalpinang Fitri Hartika mengungkap bahwa proyek tersebut memang tidak memiliki IMB. “Gedung Restoran Neptune yang berada di kawasan Pantai Pasir Padi memang tidak ada IMB nya,” katanya.

“Tadinya pihak perusahaan Restoran Neptune sudah pernah mengajukan IMB, namun dikarenakan hasil pengkajian dari Dinas Tata Ruang, ternyata tidak memenuhi syarat dari aturan yang ditentukan, maka berkas mereka kita tolak dan kita kembalikan pada pemohon,” ungkap Fitri.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Hikma Zakia membenarkan keterangan tersebut. “Dari hasil kajian untuk IMB terhadap bangunan gedung Restoran Neptune tersebut tidak sesuai dengan aturan standar yang telah ditentukan Pemerintah Kota Pangkalpinang dan berkasnya sudah kita kembalikan pada pihak pemohon,” ungkapnya.

“Bangunan gedung itu tidak akan dikeluarkan IMBnya kalau tidak dimundurkan sekitar 20 meter sesuai dengan Perda No. 1 Tahun 2012 Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Pangkalpinang Pasal 37 Ayat (3) kawasan sempadan Pantai Pasir Padi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf b ditetapkan dengan kriteria 20 meter dari jalan pantai,” tegasnya.

Reporter: Robi Karnito, Herdianto
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*