Gangguan Transmisi Ungaran-Pemalang, Aliran Listrik Di Sejumlah Area Jabodetabek dan Jawa Barat Padam

JAKARTA (KM) – Padamnya aliran listrik di sejumlah wilayah Jabodetabek menimbulkan kehebohan tersendiri, pasalnya banyak pelaku usaha, termasuk ibu rumah tangga yang merasa terhambat aktivitas dan kegiatannya akibat pemadaman listrik tersebut.

Sosial media pun sontak diramaikan oleh status dan tulisan terkait pemadaman listrik tersebut. Ada yang mencemooh kinerja PLN, ada pula yang datar-datar saja menanggapinya.

Menanggapi fenomena atas situasi tersebut, PT PLN melalui Executive Vice President Corporate Communication nya, I Made Suprateka, secara resmi menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

I Made mengatakan jika pemadaman tersebut akibat dari gangguan transmisi Ungaran-Pemalang 500 KV yang mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.

Lebih lanjut dijelaskan jika gangguan tersebut mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan,” terang I Made melalui siaran pers nya, Minggu siang 4/8.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa terjadi gangguan pada transmisi SUTET 500 kV yang mengakibatkan padamnya sejumlah area di Jawa Barat.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal,” ucap Made.

Pengaturan penormalan dilakukan dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman.

Reporter: Sudrajat

Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*