Rangkaian “Haul WI Palembang”, Ratusan Anak Sertai Khitanan Masal

Khitanan masal Haul WI di YPI Adabiyah, Palembang, Sabtu 8/6/2019 (dok. KM)
Khitanan masal Haul WI di YPI Adabiyah, Palembang, Sabtu 8/6/2019 (dok. KM)

PALEMBANG (KM) – Sedikitnya 130 anak laki-laki dikhitan dalam gelaran khitanan masal yang diadakan oleh keluarga besar Habib Alwi bin Ahmad bin Syekh Shahab atau disebut juga keluarga besar “WI” sebagai bagian dari rangkaian acara haul atau peringatan wafatnya tokoh habib Palembang abad ke-19 itu di kompleks sekolah Yayasan Perguruan Islam (YPI) Adabiyah, Ilir Timur II, Palembang, Sabtu 8/6 pagi.

Untuk pelaksanaan khitan atau sunatan tersebut, pihak keluarga besar pun mengerahkan sejumlah anggotanya yang berprofesi sebagai dokter, yang semuanya bekerja secara sukarela dalam kegiatan bakti sosial tahunan ini.

“Sunatan masal ini diadakan untuk memperingati haul WI, yang diadakan setiap tahun pada tanggal 5 Syawal,” jelas koordinator dokter pada sunatan masal tersebut, dr. Fatmah, kepada KM saat ditemui di lokasi.

“Kalau dari pendaftaran ada 130 anak [yang akan dikhitan], dan semua dokter di sini membantu secara sukarela,” lanjut Fatmah.

Tampak di lokasi ratusan warga turut mendampingi anak-anak mereka yang hendak berkhitan. Mereka pun mendaftarkan kembali nama anak mereka kepada panitia dan menunggu giliran, ketika nama anak dipanggil untuk masuk dalam salah satu ruangan kelas yang disulap menjadi ruang tindakan yang memuat 7 anak, yang dikhitan oleh dokter-dokter muda dari keluarga besar WI.

Setelah selesai dikhitan, anak-anak kemudian diberi bingkisan berupa amplop, minuman dan sarung oleh panitia.

“Setelah disunat, anak-anak dapat kotak minum, sarung dan amplop,” ucap dr. Fatma.

Haul “WI” merupakan salah satu acara silaturahmi tahunan yang terbilang cukup besar di kota Palembang, yang diikuti oleh ribuan anggota keluarga besar Habib Alwi bin Ahmad bin Syekh Shahab yang mudik dari berbagai kota di Indonesia dan komunitas habaib Palembang. Acara tersebut diadakan setiap tanggal 5 bulan Syawal, atau H+4 lebaran, di kompleks sekolah YPI Adabiyah dan diwarnai dengan pernikahan masal, khataman Alquran, pembacaan Maulid dan tausiyah.

Reporter: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*