Muak dengan Jalan Rusak yang Diabaikan Bupati, Aktivis Mahasiswa Berau Pasang Spanduk Protes

Spanduk yang terpasang di Jalan Kampung Biatan Lempake, Kamis 13/6/2019 (dok. KM)
Spanduk yang terpasang di Jalan Kampung Biatan Lempake, Kamis 13/6/2019 (dok. KM)

SAMARINDA (KM) -Sebuah spanduk bernuansa protes yang ditujukan kepada Bupati Berau, Muharram, terpampang di jalan poros Kecamatan Biatan, Berau, Kalimantan Timur, saat Muharram hendak melintas, Kamis 13/6.

Spanduk yang bertuliskan “Selamat Datang Pak Bupati, Berapa Kali Nabrak Lobang?” itu dipasang oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Mahasiswa Kecamatan Biatan (IKMKB).

Diketahui dari Kardiansyah, ketua kelompok mahasiswa tersebut, saat dimintai keterangan di lokasi, bahwa pihaknya melakukan aksi tersebut sebagai bentuk protes atas jalan yang sudah lama rusak parah dan tidak ada upaya perbaikan dari pemerintah.

“Sejak saya SMA tahun 2013, sampai sekarang jalanan rusak ini tidak pernah diperbaiki, bahkan semakin parah, padahal ini kan akses utama masyarakat keluar,” katanya.

Jalan yang rusak, menurut Kardi, adalah dari sepanjang Kampung Suaran, Makajang, Kecamatan Tubaan, Biatan hingga Talisayan, Batu Putih dan Biduk-Biduk. “Jalan ini kayak

Advertisement
sungai kering,” celetuknya.

Sementara menurut Mikael, warga setempat, upaya perawatan jalan dilakukan pemerintah sebelum lebaran kemarin, namun hanya sebagian saja.

“Kemarin memang ada perawatan jalan di daerah Suaran dan Makajang, itupun hanya diurug pake sirtu, kalau hujan licin kalau panas ya gini berdebu,” katanya.

Dari pantauan kupasmerdeka.com, ruas jalan nampak banyak berlubang dengan kedalaman dan luas bervariasi. Keadaan terparah berada di Kecamatan Talisayan, di mana jalan amblas dengan kedalaman sekitar 25 sentimeter.

Warga yang menuju Talisayan dari Biatan atau sebaliknyapun bahkan banyak yang memilih melewati jalan SP 1 Sumber Mulya, walaupun jaraknya lebih jauh.

Hingga berita ini diturunkan, Bupati Berau dan dinas terkait Pemda setempat belum dapat dimintai keterangan.

Reporter: Yogi P
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: