Mahasiswa Gelar Petisi Dukung LK Jadi Ketua DPR Papua

Solidaritas Mahasiswa Peduli Pemimpin Yang Merakyat Se- Jayapura usai kegiatan petisi dukungan penuh kepada LK ketua Parlemen Papua. Sabtu, (22/6/2019) di Jayapura, Papua (dok. KM)
Solidaritas Mahasiswa Peduli Pemimpin Yang Merakyat Se- Jayapura usai kegiatan petisi dukungan penuh kepada LK ketua Parlemen Papua. Sabtu, (22/6/2019) di Jayapura, Papua (dok. KM)

JAYAPURA (KM) – Sekelompok mahasiswa yang menamakan dirinya “Solidaritas Mahasiswa Peduli Pemimpin Yang Merakyat Se- Jayapura” menggelar kegiatan petisi untuk menggalang dukungan kepada Laurenzius Kadepa (LK) agar diangkat sebagai ketua DPR Papua (DPRP), Sabtu 22/6 di Jayapura, Papua.

Ketua Umum MPM Universitas Cenderawasih (Uncen) Louis Danielo Raiwaki mengatakan bahwa Papua membutuhkan seorang pemimpin yang punya jiwa kemanusiaan, jiwa melayani dan melihat Papua secara menyeluruh. “Tanpa ada primordialisme dan dinasti yang kerapkali terjadi di setiap rezim pemimpin Papua,” ujarnya.

Menurutnya, politik dinasti tersebut menjadi “duri dalam daging” yang menghambat proses pembangunan SDM maupun dalam hal mengelola sumber daya alam yang melimpah di bumi Papua.

“Papua harus dipimpin oleh seorang pemimpin yang mampu mendengar semua keluh kesah, jeritan dan tangisan anak negeri. Jika seorang pemimpin tidak responsif atas semua itu, maka akan terindikasi pemusnahan ras secara dramatis di atas negerinya sendiri,” lanjut Louis.

Aktivis mahasiswa Uncen lainnya, Bayeam Keroman, mengatakan bahwa Papua juga membutuhkan seorang legislator yang memiliki integritas dan kapabilitas yang duduk di kursi parlemen agar dalam proses penggodokkan regulasi-regulasi tersebut bisa melindungi hak-hak fundamental orang asli Papua.

“Legislator Papua selama lima tahun periode berlalu ini, rakyat pun tahu persis kinerja dari DPRP yang kita tahu bahwa mereka adalah representasi daripada kehendak rakyat yang juga sebagai pemegang kedaulatan tertinggi dalam negara demokrasi, tetapi harapan bertolak belakang dengan kehendak,” kata Bayeam.

“Hanya sosok seorang pemimpin di DPR Papua Laurenzius Kadepa yang mempu menjalan tugas dan tanggungjawab sebagai seorang legislator,” lanjutnya.

“Beliau mampu menegakkan keadilan dan kebenaran di tanah ini. Selama lima tahun beliau sudah teruji, terpercaya dan terbakti kepada rakyat. LK adalah sosok yang tidak membedakan siapapun dia, entah itu dari pesisir, gunung, lembah maupun membedakan ras dan golongan,” pungkasnya.

Reporter: Ernest G
Editor: HJA

Komentar Facebook

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*