Libur Lebaran, Danau “Dua Rasa” Padat Pengunjung

Dermaga tujuan lokasi wisata Labuan Cermin, Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kaltim (dok. KM)
Dermaga tujuan lokasi wisata Labuan Cermin, Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kaltim (dok. KM)

SAMARINDA (KM) – Hari raya Idul Fitri menjadi waktu yang tepat bagi sebagian orang untuk berliburan. Selain mengunjungi sanak saudara, objek wisata juga menjadi salah satu tujuan untuk mengisi waktu libur bersama orang terdekat.

Labuan Cermin atau Danau Dua Rasa yang berada di Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, pada hari ketiga Idul Fitri terpantau dipadat oleh wisatawan, Jumat 7/6.

Danau berwarna biru ini menyimpan karang dan biota laut lain yang dapat terlihat dari permukaan air. Anehnya lagi danau ini memiliki dua “rasa” yang berbeda. Dasar danau memiliki air berasa tawar, sementara pada permukaannya memiliki rasa asin. Tak heran jika banyak pengunjung yang penasaran dengan tempat ini.

Salah satunya adalah Mikael Masi Sarwaji, salah satu wisatawan asal Kutai Barat yang mengaku baru pertama kalinya mengunjungi tempat ini. “Saya tahu wisata ini dari media sosial, penasaran, saya langsung ke sini,” ungkapnya.

Tidak hanya wisatawan lokal, danau yang berada di ujung timur Pulau Kalimantan ini juga dikunjungi wisatawan dari luar negeri. Nampak satu kelompok turis mancanegara ikut mengantri pada loket pembelian tiket.

Untuk memasuki wisata ini, setiap sepuluh orang wisatawan dibebankan 130 ribu rupiah. Biaya ini merupakan biaya penyeberangan paket satu kapal menuju Labuan Cermin dan asuransi selama berwisata di sini.

Ahmad Dahlan, ketua Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Biduk-Biduk Mandiri, pengelola tempat ini menyebutkan bahwa Labuan Cermin ramai dikunjungi wisatawan setiap libuar panjang. “Kalau melihat pengunjung tahun lalu itu sekitar 7.000 pengunjung,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dahlan menyampaikan bahwa Labuan Cermin juga menyediakan beberapa fasilitas seperti menara pandang, WC umum, penyewaan perahu dayung, alat snorkeling, kacamata renang, ban dan pelampung.

Reporter: yogi P
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*