Lepas Libur Lebaran, Pemohon SKCK di Polsek Parungpanjang Membludak

skck polsek parungpanjang
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Polsek Parungpanjang, Kabupaten Bogor, diserbu warga yang hendak membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari 2 kecamatan, yakni Kecamatan Parungpanjang dan Kecamatan Tenjo, setelah 2 minggu libur Hari Raya Idul Fitri.

Intelkam Parungpanjang, Taryono, sebagai petugas pelayanan SKCK di Parungpanjang Bogor menegaskan bahwa membludaknya masyarakat yang membuat SKCK, mayoritas untuk tujuan melamar kerja, dikarenakan baru lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Ya pertama habis Hari Raya, kedua ya kelulusan sekolah, kebanyakan di kita ini lulus sekolah jarang melanjutkan, paling ngelamar kerja, ya imbasnya ke Polsek apalagi kita meng-cover 2 kecamatan nih, Parungpanjang sama Tenjo, iya 2 kecamatan 20 desa,” ujar Taryono saat diwawancarai di kantor pelayanan SKCK Polsek Parungpanjang, Selasa 18/6.

Selain itu, pembuatan SKCK ini naik jauh dari hari-hari biasa. Biasanya, hanya segelintir masyarakat. “Ya naik 100% lah bahkan lebih, biasanya paling 10 atau 15, nah ini 100 ya kan,” tambahnya.

Advertisement

Anis Marcella (18), seorang pelajar yang baru lulus SMA yang hendak membuat SKCK mengatakan bahwa prosesnya ini tidak bisa langsung jadi, akan tetapi 2 hari baru selesai.

“Prosesnya itu tidak bisa satu hari langsung selesai tetapi hari besoknya baru selesai, jadi pembuatan SKCK itu 2 hari, persyaratannya itu harus membawa fotokopi kartu keluarga, KTP, akta kelahiran, dan pas foto 4×6 semuanya 2 lembar. Saya juga baru mau proses melamar pekerjaan, maunya sih bekerja di Jakarta,” ucap Anis saat ditemui KM.

Sementara itu, Damayanti (18) yang juga baru lulus SMK di Parungpanjang kembali lagi ke rumahnya karena tidak mengetahui persyaratannya harus membawa akta kelahiran.

“Katanya sih harus pakai akte, iyalah ribet, tahun lalu kan enggak usah pakai akte, tahun sekarang harus pakai akte jadinya tambah ribet, ya pastinya harus membuat akte dulu baru kembali lagi kesini,” tuturnya kecewa.

Reporter: HSMY
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: