Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Jabon Mekar, BAZNAS Gelar Kampung Bazar Ramadhan

Gelar Bazar Ramadhan BAZNAS di Desa Jabon Mekar, Parung, Rabu 8/5/2019 (dok. KM)
Gelar Bazar Ramadhan BAZNAS di Desa Jabon Mekar, Parung, Rabu 8/5/2019 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Sebagai bentuk kepedulian, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar Bazar Ramadhan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di Desa Jabon Mekar, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Menurut komisioner BAZNAS Nasional, Nana Mintarti, kegiatan membangun ekonomi dari desa adalah kegiatan yang “paling penting” dilakukan.

“Tujuannya agar perekonomian masyarakat kalangan bawah mampu untuk meningkatkan pendapatan sekaligus masyarakat mampu untuk menjadi pengusaha yang mandiri serta mampu mengembangkan usahanya secara baik dan terus menerus,” ungkap Nana kepada awak media di sela kegiatan, Rabu 8/5.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Jabon Mekar, Ruby Falahadi mengatakan, BAZNAS adalah lembaga yang tepat sekaligus multi finance yang “sangat membantu peran masyarakat” dalam membentuk ekonomi yang mandiri sekaligus bersifat agamis.

“Yang barang tentu sangat pas dan tepat untuk dijadikan mitra bersama dalam membangun ekonomi desa maupun nasional. Tentunya kami sangat berterimakasih kepada Majlis Taklim Kharisma Nuri yang turut membantu dalam penyelenggaran kegiatan Bazar Ramadhan ini,” ujar Ruby.

Di kesempatan yang sama, Direktur BAZNAS Microfinance (BMfi), Noor Aziz memaparkan, ekonomi desa berbicara kemiskinan, begitupun sebaliknya berbicara kemiskinan basisnya berbicara di desa. Untuk itu, pihaknya langsung menyasar garis kemiskinan itu di desa.

Sementara, lanjut Noor, Kampung Bazar Ramadhan ini merupakan kampung tematik untuk memperkuat program regular. “Bisa disebut BMD (badan microfinance desa), karena program Bazar Ramadhan merupakan momentum saja, program yang utama adalah memperkuat ekonomi masyarakat miskin yang perlu kita bantu melalui BAZNAS bukan hanya ekonomi saja tapi, dari sosialpun perlu kami tata dan bantu,” tutur Noor.

Kepala Desa Jabon Mekar, Ina Yuliana mengapresiasi kegiatan Bazar Ramadhan tersebut. Tidak hanya itu, Kades pun bangga terhadap Karang Taruna desanya yang ikut berperan aktif dalam kegiatan dan program–program di desanya.

“Terima kasih terhadap BAZNAS telah menyelenggarakan kegiatan Bazar Ramadhan dan saya bangga terhadap Karang Taruna secara pelaksana telah berhasil melaksanakan kegiatan tersebut,” pungkas Ina.

Reporter: dd
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*