Pemkot Bogor Tegaskan Sudah Salurkan Semua Dana Banprov untuk Korban Puting Beliung

Ilustrasi
Ilustrasi

BOGOR (KM) – Bantuan Provinsi (Banprov) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk korban puting beliung yang melanda Kota Bogor beberapa waktu lalu secara jelas “sudah tersalurkan”, walau ada sedikit kendala-kendala teknis bagi penerima bantuan. Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bogor, Iman.

“Musibah bencana puting beliung kejadian force majeure yang melanda Kota Bogor. Ada beberapa bantuan baik Banprov, APBD dan bantuan solidaritas-solidaritas masyarakat yang diberikan kepada masyarakat korban musibah tersebut,” ungkap Iman di ruang kerjanya kepada kupasmerdeka.com, Kamis 2/5.

“Ada Biaya Tidak Terduga (BTT) yang berasal dari APBD itu secara langsung dikelola oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor sekitar Rp. 1,450 Miliar. Untuk bantuan solidaritas masyarakat yang terhimpun itu dikelola dan disalurkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor,” tambah Iman.

Kata Iman, dalam hal Banprov sendiri yang didapat dari Provinsi sebesar Rp 5 miliar yang diterima Pemkot Bogor. “Untuk itu kami mengoptimalkan Banprov ini bagi para korban bencana puting beliung,” lanjutnya.

Advertisement

“Berdasarkan pendataan dari wilayah ada 1.177 rumah yang harus diberikan bantuan, dengan nilai total Rp 3.454.216.000, ini yang kita intervensi untuk penyaluran bantuan. Sementara sisa dari Banprov sendiri sekitar Rp 1,5 miliar itu dikembalikan lagi ke Provinsi,” terang Iman.

“Memang ada sedikit kendala-kendala dalam proses penyalurannya saat itu, terutama keterlambatan. Keterlambatan itu berdasarkan kekurangan dalam pelengkapan data-data dari korban. Tapi bukan kita membiarkan itu, semua tetap diberikan bantuan karena sudah dianggarkan bantuan tersebut.”

“Untuk itu 1177 rumah yang terdata dengan alas hak sebagai penerima bantuan musibah bencana ini, itu semua berdasarkan data dari wilayah, yang menjadi verifikatornya. Semua sudah tersalurkan dengan nilai-nilai bervariatif sesuai dengan data verifikasi dari wilayah,” pungkas Iman.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: