Legislator: “KPPU Dibentuk Untuk Memberi Peluang Bersaing Bagi UKM”

Anggota DPR RI Komisi VI dari Partai Golkar, Eka Sastra (dok. KM)
Anggota DPR RI Komisi VI dari Partai Golkar, Eka Sastra (dok. KM)

BOGOR (KM) – Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Eka Sastra, bersama Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia, terus mendorong pemahaman dan kesadaran tentang hukum persaingan usaha. Hal tersebut disampaikannya melalui seminar workshop bersama para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Bogor, Jumat 29/3.

Menurut Eka, UKM harus terus optimis serta terus bergerak secara konsisten. “Dengan adanya KPPU, para UKM dapat berperan serta dalam persaingan bisnis secara sehat, tanpa harus termonopoli oleh pengusaha besar,” ungkap Eka kepada awak media.

“Dengan adanya KPPU diharapkan dapat mendorong persaingan bisnis yang adil dan sehat serta terbuka, agar dapat menopang kemajuan struktur ekonomi, khususnya bagi para pelaku usaha,” tambah Eka.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala KPPU Ukay Karyadi memberikan sebuah perumpamaan. “Ibarat mobil, UKM itu seperti mobil kecil di belakang mobil besar yang lebih cepat,” katanya.

Advertisement

“Ya meskipun memulai dari awal, para pelaku UKM harus dapat berfikir dan berusaha untuk dapat bersaing dengan para pelaku usaha lain yang lebih besar. UKM itu seperti mobil kecil di belakang mobil besar yang lebih cepat, minimal untuk terus bergerak mengimbangi, dan jangan berhenti,” ujarnya.

“Berdasarkan Undang-undang No 5 Tahun 1999 yang dimuat dalam Pasal 3 huruf B berbunyi, mewujudkan iklim usaha yang kondusif melalui persaingan usaha yang sehat sehingga menjamin adanya kepastian kesempatan berusaha yang sama bagi pelaku usaha besar, pelaku usaha menengah dan pelaku usaha kecil, itulah tugas KPPU,” terangnya.

“Iklim usaha yang kondusif bagi pelaku usaha khususnya pelaku UMKM diwujudkan melalui persaingan usaha yang sehat,” pungkas Ukay.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: