Kodim Brebes Rombak Kandang Ayam Menjadi Rumah untuk Nenek Taswi

Gubuk milik Taswi di Desa Luwungbata, Kecamatan Tanjung, Brebes dibongkar dan diperbaiki anggota Koramil 04/ Tanjung Kodim 0713/ Brebes, bersama warga masyarakat dan beberapa aparat setempat, pada Kamis 11/4/2019.
Gubuk milik Taswi di Desa Luwungbata, Kecamatan Tanjung, Brebes dibongkar dan diperbaiki anggota Koramil 04/ Tanjung Kodim 0713/ Brebes, bersama warga masyarakat dan beberapa aparat setempat, pada Kamis 11/4/2019.

BREBES (KM) – Sebuah gubuk milik Taswi, janda tua berusia 60 tahun, yang selama ini dijadikan sebagai kandang ayam, dibongkar malam hari oleh anggota Kodim 0713/Brebes untuk dibuatkan rumah layak huni. Hal tersebut disampaikan Dandim Letkol Faisal Amri pada Sabtu 13/4.

Dandim Brebes itu mengatakan bahwa gubuk reyot milik Taswi di Desa Luwungbata, Kecamatan Tanjung, pada Kamis 11/4 telah dibongkar oleh anggota Koramil Tanjung bersama warga dan beberapa aparat setempat.

“Pembongkaran ini dipimpin Danramil, Kapten Inf Muhtadi bersama Ketua BPD, Usman dan Sekretaris Desa/Carik, Wirnojo serta Babinsa Serda Sudirman, malam hari. Rumah itu awalnya terbuat dari gedek bambu berukuran 4 x 8 meter, berlantai tanah dan terletak 1 meter di belakang rumah keponakannya. Saat ini telah dijadikan prioritas bedah rumah bersama Pemprov dan juga Dana Desa,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Faisal, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk “kepedulian TNI kepada masyarakat yang sangat membutuhkan”, apalagi Taswi selama ini tinggal bersama saudaranya.

“Mbah Taswi sudah tidak menempati gubuk reyot sejak awal Januari 2019 dan tinggal bersama keponakannya, sejak saat itu rumahnya yang sudah reyot itu dijadikan kandang ayam. Dengan kondisi itu, Danramil dan Babinsa serta aparat setempat tidak tinggal diam dan menyarankan ke Desa dan kami, agar rumah Mbah Taswi dijadikan sasaran rehab rumah. Aparat teritorial, selain menjaga keutuhan wilayah, juga membantu program pemerintah ikut mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Advertisement

Senada dengan Faisal, Ketua BPD Luwungbata, Usman membenarkan bahwa rumah Taswi sudah terdaftar dalam database program Rutilahu/RTLH dengan menggunakan Dana Desa Tahun 2019, Banprov, para donatur lainnya serta swadaya masyarakat.

“Adapun untuk rencana realisasinya akan dilangsungkan pada bulan Mei ini dengan tenaga tukang berasal dari warga setempat dibantu TNI dari Kodim 0713/Brebes. Kami bergotong royong bersama disini, baik jajaran Kodim, Desa dan Kepolisian bertekad untuk menyediakan rumah layak huni bagi Mbah Taswi. Saat membongkar pun kita malam hari supaya pekerjaan lebih efektif,” tegasnya.

Taswi selama ini tinggal di rumah keponakannya, Warto dan Sarwid karena rumahnya itu tidak memungkinkan lagi untuk ditempati, apalagi jika turun hujan, hampir seluruhnya basah.

Taswi pun mengucapkan terima kasih kepada prajurit TNI, Kodim Brebes bersama masyarakat atas bantuan menghadirkan rumah layak huni bagi dirinya.

“Hanya doa kepada Sang Khalik yang dapat saya panjatkan, semoga TNI selalu berhasil dalam menjalankan tugas,” katanya dengan mata berkaca-kaca.

Reporter: Evie
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: