Kodim Kebumen Tutup TMMD Tahap I, Paparkan Sederet Pembangunan Fasilitas untuk Warga Desa

Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf. Zamril Philiang, Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede dan Forkopimda Kebumen meresmikan jalan beton pada penutupan TMMD I/ 2019 di Karangsari, Kebumen, Rabu 27/3/2019.
Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf. Zamril Philiang, Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede dan Forkopimda Kebumen meresmikan jalan beton pada penutupan TMMD I/ 2019 di Karangsari, Kebumen, Rabu 27/3/2019.

KEBUMEN (KM) – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun 2019 wilayah Kodim 0709 Kebumen resmi ditutup di Karangsari, Kebumen pada Rabu 27/3.

“TNI bersama-sama dengan seluruh unsur masyarakat apapun agamanya bergotong-royong membangun desa untuk meningkatkan kesejahteraan, khususnya Desa Karangsari, Kebumen melalui TMMD Sengkuyung ini,” ucap Dandim 0709 Letkol Zamril Philiang siang ini.

TMMD Sengkuyung ini merupakan kerjasama antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, TNI dan Polri serta berbagai unsur masyarakat yang ada di wilayah.

Adapun anggaran TMMD Sengkuyung berasal dari APBD Provinsi, APBD Kabupaten dan Desa. Sedangkan TMMD reguler/ nasional menggunakan anggaran dari Pemerintah Pusat dibantu pemerintah daerah.

Berdasarkan laporan pada penutupan TMMD yang berlangsung 26/2 hingga 27/3 ini, anggaran berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (APBD Provinsi) sebesar Rp260 juta, Pemerintah Kabupaten Kebumen (APBD Kabupaten) sebesar Rp105 juta dan APBDes Rp129 juta.

“Setelah TMMD tahap pertama ini terutama dengan sasaran fisik pembangunan rabat beton sepanjang 456 meter ini semoga akan membawa keberkahan untuk semua masyarakat Desa Karangsari dan sekitarnya sehingga pembangunan jalan yang sudah bisa dilewati oleh masyarakat, mempermudah semua aktifitas dan diharapkan untuk bisa bersama- sama menjaga dan memelihara supaya masa pemakaian jalan tersebut bisa jangka panjang, awet dan tidak cepat rusak,” harap Dandim Kebumen itu.

“Sedangkan untuk sasaran yang non fisik semoga semua penyuluhan yang sudah dilaksanakan bisa diterapkan sehingga diharapkan warga lebih baik lagi dalam kehidupannya bermasyarakat,” lanjutnya.

Hasil yang dicapai selain sasaran fisik utama berupa rabat beton adalah perbaikan rumah layak huni sebanyak 5 unit dan pembuatan kios desa berukuran 5 x 4 meter sebanyak 2 unit.

Adapun sasaran non fisik antara lain berupa penyuluhan bela negara, kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan kesehatan, kadarkum, penyuluhan narkotika, penyuluhan percepatan keanekaragaman konsumsi makanan lokal dan pemutaran film.

Kapolres Kebumen AKBP Roberto Pardede mengatakan pembangunan akses jalan ini akan memudahkan masyarakat, khususnya Desa Karangsari.

“TMMD adalah suatu kegiatan yang sangat baik sekali yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Desa Karangsari. Dengan rabat beton ini masyarakat khususnya petani akan lebih mudah mengeluarkan hasil pertaniaan karena akses jalan yang mudah dan sudah baik. Tentu ini akan mendukung situasi kamtibmas yang sangat kondusif,” katanya.

Salah seorang warga Karangsari, Ibu Siti, merasa “sangat senang dan bersyukur sekali” dengan adanya pembangunan rabat beton ini, jalan semakin lancar.

“Sebelum dibangun jalan susah dilewati karena becek tetapi setelah adanya TMMD ini jalannya jadi bagus dan akses kemana saja bisa lebih cepat,” katanya.

Hal senada diungkapkan Bu Nasri, yang mengucapkan terimakasih untuk TNI dan semua yang terlibat dalam pembangunan jalan, bedah rumah dan pembangunan kios yang sudah dilaksanakan.

Reporter: Evie
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*