Distaru Kota Bekasi Didesak Agar Tegas Pada Bangunan yang Tidak Punya IMB

Gedung toko yang diduga belum mengantongi IMB di wilayah Bekasi Barat, Kota Bekasi (dok. kM)
Gedung toko yang diduga belum mengantongi IMB di wilayah Bekasi Barat, Kota Bekasi (dok.KM)

BEKASI (KM) – Pemerintah Kota Bekasi, melalui Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi, belum bertindak untuk menegur bangunan satu lantai pertokoan busana Yohan yang berlokasi di Jalan Patriot RT01/19 Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, kendati pryek pembangunan tersebut diduga belum mengantongi surat izin mendirikan bangunan (SIMB).

“Seharusnya Dinas Tata Ruang Kota Bekasi melakukan tindakan tegas kepada pemilik bangunan pertokoan busana Yohan, dikarenakan bangunan tersebut sudah melanggar peraturan Perda (Pemkot) Kota Bekasi, yang nantinya akan menimbulkan penurunan retribusi IMB untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bekasi 2019,” ungkap Yanto, Ketua Komunitas Peduli Bekasi, kepada KM, Kamis 28/3.

“Dan tidak hanya itu saja, Pendapatan Asli Daerah Kota Bekasi, dari retribusi IMB sudah ditetapkan targetnya per tahun. Jadi jika ada bangunan yang tidak memiliki izin dibiarkan, tentunya sangat merugikan kas daerah Kota Bekasi,” tambahnya.

Advertisement

Yanto pun mendesak Distaru agar bersikap tegas kepada bangunan yang tidak berizin. “Kalau memang pemilik bangunan tidak mau untuk mengurus perizinannya, stop pembangunannya,” tegasnya.

Terpisah, Heru, kepala seksi Pengendalian Bangunan (PB) di Distaru Kota Bekasi menjelaskan, dirinya sudah memerintahkan UPTD Wasbang Bekasi Barat untuk memanggil pemilik bangunan.

“Surat teguran sudah kita bikinin, jadi tunggu tanda tangan dari pak Sekdis,” jelas Kamirin, petugas pengawas bangunan wilayah Bekasi Barat.

Reporter: Den
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*