Tanggul Kolong Tambang Timah Jebol, Banjiri Rumah Warga Bacang Bukit Intan

Banjir akibat tanggul kolong TI yang jebol di Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang, Rabu 6/2/2019 (dok. KM)
Banjir akibat tanggul kolong TI yang jebol di Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang, Rabu 6/2/2019 (dok. KM)

PANGKALPINANG (KM) – Jebolnya kolong tambang timah inkonvensional yang diduga milik salah satu bos timah bernama Ataw mengakibatkan air menggenangi rumah warga di Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, yang berada tidak jauh dari lokasi kolong TI tersebut. Peristiwa tersebut pun merusak suasana Imlek warga setempat.

Terpantau sekitar 5 rumah di RT 005 dimasuki air dari kolong TI tersebut.

Miksan, Wakil Ketua RT 005, ketika dikonfirmasi KM melalui telepon mengungkapkan bahwa banjir itu terjadi kemarin siang 6/2.

“Jam 12 siang barusan ini pak, rumah warga kami tergenang air dari tanggul yang jebol, ” ungkap Miksan kemarin.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya sudah memberitahu pihak pengelola tambang tersebut agar lebih memperhatikan keselamatan penduduk di sekitar lokasi tambang.

“Sudah pernah diberitahu sebelumnya pak, tapi mungkin akibat intensitas hujan yang tinggi dari kemarin, makanya jebol, ” tambah Miksan.

Sementara itu, KM belum berhasil mendapat keterangan dari pemilik tambang timah itu.

Reporter: Robi Karnito
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*