Produk UKM “Berkah Chicken” Sasar Penggemar Ayam Organik yang Peduli Kesehatan

Felix Andika didampingi istri saat memasarkan produk kulinernya kepada masyarakat (dok. KM)
Felix Andika didampingi istri saat memasarkan produk kulinernya kepada masyarakat (dok. KM)

DEPOK (KM) – Daging ayam merupakan salah satu menu utama yang sangat digemari masyarakat Indonesia dari mulai anak kecil hingga orang dewasa. Hal tersebut dapat dilihat dari tersedianya makanan berbahan baku ayam yang selalu tersedia di warung, rumah makan, hingga restoran di berbagai pelosok Nusantara. Maka tak heran jika saat ini banyak bermunculan varian makan berbahan daging ayam baik yang sudah siap saji maupun yang sudah diawetkan dalam bentuk kemasan yang sewaktu-waktu dapat dimasak untuk konsumsi pribadi maupun untuk dijual.

Secara umum, masyarakat masih terbiasa menggunakan daging ayam broiler (ayam negeri) dan ayam kampung sebagai salah satu menu utama dalam memenuhi kebutuhan makan sehari-harinya.

Felix Andika, salah seorang pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bidang kuliner, memberanikan diri memperkenalkan produk olahan miliknya yang berbahan baku daging ayam organik. Menurut Felix, produk UKM miliknya tersebut diperuntukkan bagi orang-orang yang hobi makan ayam, namun sangat memperhatikan aspek higienitas produk untuk memelihara kesehatan dirinya.

“Keunggulan daging ayam organik ini memiliki dampak kesehatan jangka panjang bagi yang mengkonsumsinya. Secara visual tekstur daging organik yang sudah dimasak terasa lebih lembut, kadar lemak lebih sedikit, rasa lebih enak, dan karena 100% rendah kolesterol maka aman dikonsumsi bagi yang berusia diatas 50 tahun,” ujar Felix kepada KM, Kamis 7/2.

Felix yang baru 2 tahun menekuni usaha penjualan daging ayam organik ini mengatakan jika saat ini pihaknya sudah memiliki 17 mitra dagang yang tersebar di Jabodetabek. “Dominan di Tangerang ada 7 mitra, selebihnya tersebar di Depok, Cibinong, Bogor, Bekasi, Cipinang, dan Cakung,” ungkap Felix.

“Alhamdulillaah omset rata-rata per bulan mencapai Rp 15 juta dengan prosentase keuntungan 20%, dan seluruh keuntungan tersebut untuk menopang kegiatan santunan bulanan anak yatim, janda dan dhuafa binaan sejak 2011 silam yang saat ini sudah berjumlah 55 orang dari yang awalnya hanya 4 orang yatim,” jelas sosok yang juga akrab dipanggil Ustad ini.

“Merk dagangnya Berkah Chicken, mudah-mudahan biar jadi berkah untuk semuanya, dan jika ada yang ingin menjadi Mitra reseller ada pilihan paket yang disediakan yaitu paket 5,5 juta dan paket 3 juta. Produk sudah memiliki legalitas yang memadai, ada hasil uji lab Sucofindo, UNPAD, IPB, juga label Halal MUI,” terang Felix.

“Tantangannya ada di harga jual yang memang lebih tinggi dari ayam biasa, sebandinglah dengan manfaat kesehatan yang diterima, dan mudah-mudahan dalam 2-3 tahun kedepan, dari usaha ini saya bisa mewujudkan cita-cita membangun Pondok Pesantren yang nanti dalam salah satu program di dalamya ada kegiatan usaha seperti ini yang bisa dikelola dan dinikmati hasilnya oleh anak-anak pondok,” pungkas Felix Andika yang juga menggeluti usaha konveksi.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*