KPU Purworejo Targetkan Angka Partisipasi Pemilu 77,5%

Rapat Sosialisasi Kebijakan KPU Dalam Pemilu 2019 Kepada Stakeholder Oleh KPU Purworejo, Kamis 14/ 2/ 2019 (dok. KM)
Rapat Sosialisasi Kebijakan KPU Dalam Pemilu 2019 Kepada Stakeholder Oleh KPU Purworejo, Kamis 14/ 2/ 2019 (dok. KM)

PURWOREJO (KM) – Tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019 sudah dimulai  sejak tahun 2017. Hal ini disampaikan Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim, dalam rapat sosialisasi kebijakan KPU dalam Pemilu 2019 yang dilaksanakan di KPU Purworejo pada hari Kamis 14/2.

“Keberhasilan pelaksanaan pemilihan Bupati Purworejo maupun Pemilihan Gubernur pada tahun 2018 yang lalu menjadi bekal bagi KPU dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 dengan melakukan serangkaian informasi secara mendalam,” katanya.

“KPU memiliki tugas wewenang dan tanggung jawab untuk melaksanakan sosialisasi untuk seluruh tahapan Pemilu, artinya seluruh informasi yang terkait dengan tahapan Pemilu tahun 2019 harus dapat disampaikan kepada masyarakat. Tahun 2017, tahapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 diawali dengan tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, tahapan pemutakhiran, penyusunan daftar pemilih, tahapan pencalonan dan tahapan penataan dapil,” jelasnya.

Sementara itu anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Akmalia mengatakan bahwa tugas sosialisasi dilakukan oleh penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP.

“Kebutuhan sosialisasi mulai tingkat PPK dan PPS sama sekali tidak ada anggaran untuk sosialisasi makanya KPU Purworejo merevisi anggaran untuk melaksanakan sosialisasi di tingkat PPK dan juga membuat kebijakan dengan merekrut relawan (relawan demokrasi),” katanya.

“Relawan demokrasi terdiri dari 55 orang dengan 10 basis diantaranya keluarga, pemilih perempuan, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih disabilitas/berkebutuhan khusus, pemilih warganet dan lainnya dimana 10 basis tersebut sudah menyasar semua segmen yang ada termasuk basis agama,” terangnya.

Advertisement

Relawan demokrasi ini bekerja khusus untuk mensosialisasikan Pemilu tahun 2019 dan bekerja selama tiga bulan atau sampai dengan pertengahan April 2019.

“Untuk sosialisasi nanti juga akan diadakan KPU Run Purworejo. KPU Run akan dilaksanakan serentak pada tanggal 17/ 3/ 2019 serentak di seluruh Indonesia. Event lain dalam rangka menyambut Pemilu 2019 yakni akan diadakan konser musik pada bulan Maret 2019, Sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada pemilih perempuan, pemula dan disabilitas. Diikuti oleh program yang terakhir yaitu rumah pintar atau galeri demokrasi (cara mensosialisasikan dengan audio visual),” jelasnya.

KPU Purworejo mentargetkan 77,5 persen kepesertaan untuk Pemilu 2019. Jumlah TPS di Purworejo sebanyak 3032 TPS sehingga membutuhkan kurang lebih 21 ribu petugas KPPS dan membutuhkan 2 orang petugas ketertiban di setiap TPS sehingga perlu diadakan perekrutan oleh KPU Purworejo. Ada 5 surat suara yang dipilih yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota.

“Dalam sosialisasi ini selain mengundang instansi- instansi Pemkab Purworejo juga mengundang beberapa media karena media itu sebagai partner yang sangat baik untuk bisa mensosialisasikan,” terangnya.

Reporter: Evie
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: