Banyumas Sambut HUT ke-448 dengan Kirab Budaya, Parade Barang Pusaka dan Adat Istiadat

Iring-iringan Kirab Pusaka Banyumas dalam rangka Hari Jadi Banyumas ke- 448 di Banyumas, 17/2/2019 (dok. KM)
Iring- iringan Kirab Pusaka Banyumas dalam rangka Hari Jadi Banyumas ke- 448 di Banyumas, 17/2/2019 (dok. KM)

PURWOKERTO (KM) – Menyambut hari jadi ke-448 Kabupaten Banyumas, iring-iringan Bupati Banyumas menggelar “Kirab Pusaka” dengan berbagai penampilan adat istiadat dan barang-parang pusaka dalam pawai yang megah, Minggu 17/2 kemarin.

Pawai itu dilakukan setelah rombongan bupati dan jajarannya berziarah ke makam Bupati Banyumas pertama R. Joko Kaiman di Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, acara syukuran dan ruwatan wayang kulit.

Prosesi Kirab Pusaka ini menggambarkan perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas yang semula di Kecamatan Banyumas dipindahkan ke Kecamatan Purwokerto.

Kirab pusaka ditandai dengan penyerahan dan peletakan pusaka oleh Bupati Banyumas Ahmad Husein kepada para punggawa pasukan pembawa pusaka, diantaranya tombak Kiai Genjring, pusaka keris Kiai Gajah Endro, pusaka keris Nalapraja dan Kitab Stambul.

Setelah diserahkan kepada para punggawa Kadipaten (pasukan pembawa pusaka) oleh Bupati Banyumas, selanjutnya pusaka-pusaka tersebut dikirab dari rumah dinas Wakil Bupati Banyumas menyusuri Jalan Jenderal Sudirman sejauh 2 kilometer menuju alun-alun Purwokerto (Pendopo Sipanji) Pemkab Banyumas.

Kirab diawali manggala yudha dan diikuti di belakangnya lambang daerah, kemudian tombak Kiai Genjring bersama umbul-umbul kemudian secara berturut-turut pusaka Keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja dan Kitab Stambul. Di belakang pusaka disusul barisan musik dari SMKN Banyumas dan SMK Nasional Purwokerto.

Advertisement

Dilanjutkan barisan musik dari pelajar Banyumas, barisan pasukan pembawa foto-foto Bupati Banyumas mulai dari awal Adipati Mrapat R. Joko Kaiman. Pembawa foto Bupati pertama dibawa oleh Kakang Mbekayu Banyumas dan foto-foto Bupati Banyumas ke-2 hingga ke- 30. Setelah deretan foto-foto Bupati dari pertama hingga ke- 30 berjalan, baru Bupati Banyumas ke-31 Ahmad Husein beserta istri dan Wakil Bupati Banyumas Saedo Tri Lastiono beserta istri. Kirab juga diikuti Forkopimda Banyumas, DPRD Banyumas, SKPD dan perangkat daerah lainnya serta organisasi kemasyarakatan dan mahasiswa serta pelajar Banyumas. Selain kirab prosesi pusaka Banyumas juga dikirabkan OPD yang meraih prestasi membawa serta penghargaan yang diperoleh baik piala maupun piagam penghargaan.

Bupati Banyumas Ahmad Husein memberikan apresiasi yang tinggi terhadap warga masyarakatnya yang turut serta menyaksikan dan meramaikan jalannya prosesi kirab pusaka.

“Kita berharap, semoga dengan hari jadi ke-448 ini Banyumas menjadi maju dan sejahtera, Banyumas aman, damai, rukun, dan kondusif,” harapnya.

Reporter: Evie
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: