Waspada! Penipu Berkedok Pemeriksaan Kesehatan Berkeliaran di Bogor

Warga Cikeas yang didatangi pelaku penipuan dengan modus pemeriksaan kesehatan. (dok. Tar/KM)
Warga Cikeas yang didatangi pelaku penipuan dengan modus pemeriksaan kesehatan. (dok. Tar/KM)

BOGOR (KM) – Penipuan yang berkedok pengobatan mulai meresahkan warga. Aksi para penipu ini dilaporkan warga Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, kepada KM kemarin 3/12. Modusnya, usai melakukan “pemeriksaan kesehatan” kepada warga, pada ujungnya mereka menjual obat dengan harga mahal.

Para pelaku mengklaim mampu mendeteksi gejala penyakit dengan sebuah alat kotak, dan kemudian menawarkan obat seharga Rp1 juta. Bagi para calon korban yang punya BPJS atau jaminan kesehatan lainnya, maka ditawarkan dengan diskon seharga Rp350.000.

Korban yang dibuat pasrah pun rela membeli obat karena merasa telah diperiksa kesehatannya dengan detil.

Sejumlah tiga orang warga Cikeas di RW 05 Sukaraja mengaku sudah jadi korban modus penipuan ini. Di antaranya Satibi dan Syarif, yang sempat didatangi dan diperiksa. Syarif mengaku telah tertipu membayar Rp 350.000, sedangkan Satibi menolak karena mengaku mengendus modus penipuan itu.

Menerima laporan warga, Mul, Ketua RW setempat pun berkoordinasi dengan warganya dan menggiring para pelaku bersama beberapa warga untuk dimintai keteranganya.

“Mereka pelaku pengobatan, kita tanyakan, ternyata tidak punya dokumen. Baik dari Dinas Kesehatan maupun pelengkap surat lainnya untuk berkeliling di lingkungan warga RW 05,” ungkap Mul.

“Ini jelas modus penipuan, yang ujungnya jual obat, apalagi dengan harga 1 juta bila tak punya BPJS atau lainnya,” geramnya.

Reporter: Tarno
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*