Gunakan Paspor Turis untuk Bekerja di Vietnam, 5 TKI Ilegal Dipulangkan

Kasi Binapenta Disnakertrans Kabupaten Subang Indra Permana bersama 5 migran Indonesia yang dipulangkan. (dok. KM)
Kasi Binapenta Disnakertrans Kabupaten Subang Indra Permana bersama 5 migran Indonesia yang dipulangkan. (dok. KM)

SUBANG (KM) – Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang kembali memulangkan 5 orang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kecamatan Dauwan, Kabupaten Subang, yang bekerja di Vietnam secara ilegal.

Kepala Seksi Bagian Pembinaan Dan Penempatan (Binapenta) Indra Permana mengatakan, “proses pemulangan 5 dari 9 orang PMI tersebut, karena adanya pengaduan pihak keluarga para migran,” ungkapnya kepada KM, Minggu 17/12 dini hari.

“Dengan adanya pengaduan dari pihak keluarga PMI, meminta agar segera dipulangkan. Alhamdullah dengan segala upaya migran dapat di pulangkan,” tambahnya.

“Keberangkatan 5 orang PMI yang menggunakan paspor turis dan bukan paspor sebagai PMI. Sehingga imbas dari dokumen [paspor] selama 3 bulan PMI bekerja tanpa mendapatkan bayaran atau gaji,” jelas Indra.

Advertisement

“Ini diduga ada yang membuat dokumen palsu, seperti paspor turis yang seharusnya paspor PMI, sangat jelas ada permainan dari para oknum sponsor nakal,” kata Indra.

Masih Indra, ia mengaku mendapat pengaduan dari keluarga PMI, hingga adanya proses pemanggilan beberapa oknum sponsor yang berinisial Y dan I.

Selain itu, lanjut Indra, Disnakertrans akan memulangkan 4 orang WNI
asal Jalan Cagak Kabupaten Subang. “Serta segala macamnya baik akomodasi dan transportasi kami tanggung,” pungkasnya.

Reporter: Ricky
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: