Dorong Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang, Pemkab Kebumen Gelar Lomba Cipta Menu

Para pemenang Lomba Cipta Menu Rasa Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Kabupaten Kebumen dalam rangka Hari Pangan Sedunia ke-38 di alun-alun Kabupaten Kebumen hari Minggu 2/12/2018
Para pemenang Lomba Cipta Menu Rasa Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Kabupaten Kebumen dalam rangka Hari Pangan Sedunia ke-38 di alun-alun Kabupaten Kebumen hari Minggu 2/12/2018

KEBUMEN (KM) – Lomba Cipta Menu Rasa Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) diselenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen dalam rangka Hari Pangan Sedunia ke-38 di alun-alun Kabupaten Kebumen hari Minggu 2/12.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Pudjirahayu mengatakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ditentukan oleh status gizi yang dikonsumsi.

“Konsumsi pangan yang berkualitas ditunjukkan dengan keragaman jenis pangan dan keseimbangan gizi agar dapat hidup sehat, produktif secara berkelanjutan. Oleh karena itu pemerintah secara gencar melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan agar masyarakat merubah pola konsumsi dengan banyak jenis ragam pangan baik untuk karbohidrat, protein, vitamin dan mineral,” katanya.

“Penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dimulai dari rumah tangga untuk merubah pola pikir ke arah konsumsi pangan yang berkualitas. Untuk mendukung hal tersebut terus dikembangkan terobosan dan kreasi resep pangan guna menghasilkan menu pangan yang berbasis sumber daya lokal yang aplikatif, murah, tidak rumit dan memenuhi preferensi masyarakat,” lanjutnya.

“Diharapkan melalui lomba ini masyarakat dapat berkreasi mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang, aman dan dapat diaplikasikan sebagai menu kebutuhan sehari-hari,” harapnya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 230 orang dari unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Dharma Wanita Kabupaten, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Ketua GOW dan peserta lomba yang berasal dari Tim Penggerak PKK Kecamatan sekabupaten Kebumen.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Krisnawati Ekananta Oetoyo mengatakan agar hasil lomba cipta menu B2SA ini disosialisasikan.

Advertisement

“Karena anak-anak sekarang menyukai makanan yang siap saji yang kadang tidak memenuhi komposisi gizi yang sesuai dan masih kurang aman sehingga harus diperbaiki. Lomba ini digunakan untuk update menu dalam rumah tangga tanpa menggunakan beras dan terigu. Misalnya bahan dasar beras diganti dengan singkong,” katanya.

“Porsi atau ukuran juga harus sesuai dihitung dari kelompok umur, jenis kelamin dan aktivitas. Jadi tiap orang memiliki porsi yang berbeda,” terangnya.

“Lomba ini juga diadakan di Kabupaten lain untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi. Yang jelas bahannya tidak boleh dari beras, tepung beras, terigu, produk olahan terigu atau istilahnya non beras non terigu. Dan lomba ini diadakan dengan sistem berjenjang dari tingkat desa, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional,” tuturnya.

Juri Lomba Cipta Menu yang sekaligus Wakil Ketua Indonesian Chef Association (ICA) Chef Handy mengatakan syarat pemenang antara lain adalah cita rasanya yang pas.

“Syarat menjadi juara atau pemenang yaitu rasanya pas, tidak pakai MSG, penampilan bagus, rasa juga enak (bagus), warna penyajiannya juga bagus,” katanya.

Adapun keluar sebagai juara 1 Lomba Cipta Menu ini berasal dari TP PKK Kecamatan Adimulyo, juara 2 dari dari TP PKK Kecamatan Karangsambung, juara 3 dari TP PKK Kecamatan Poncowarno. Sedangkan juara harapan 1 berasal dari TP PKK Kecamatan Sruweng, juara harapan 2 berasal dari TP PKK Kecamatan Buayan dan juara harapan 3 berasal dari TP PKK Kecamatan Bonorowo.

Reporter: Evie
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: