Disbudpar Bogor Latih Pemandu Wisata dan Outbound dalam Manajemen Resiko

Bimtek dan praktek dalam uji kompetensi/sertifikasi pelaku usaha wisata dan jasa outbound (dok. KM)
Bimtek dan praktek dalam uji kompetensi/sertifikasi pelaku usaha wisata dan jasa outbound (dok. KM)

BOGOR (KM) – Bimbingan Teknis (Bimtek) sekaligus praktek menjadi rangkaian bagi peserta Uji Kompetensi/Sertifikasi pelaku usaha wisata dan jasa outbound, yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Jumat 30/11.

Asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Yuniga Fernando mengatakan, bimbingan sekaligus praktek ini sebagai tambahan materi dan pendalaman pengetahuan, terutama dalam managemen resiko.

“Ya para peserta ini sudah mempunyai pengalaman yang baik, tetapi mereka belum mengetahui pengetahuan yang lebih dalam. Makanya ada momen untuk mewadahi suatu pengetahuan, bisa jadi mereka selama ini melakukan, tapi tidak tahu kalau itu manajemen resiko,” terang Yuniga.

“Ada beberapa macam teknik praktek hari ini, dari teknik menolong korban, tali tinggi, tali rendah, analisa resiko, memandu aktivitas dan mengelola sumber daya. Ini yang menjadi pendalaman materi bagi para peserta, agar lebih dalam, bukan hanya sekedar bisa saja, tapi paham dalam teknik manajemen dari kemampuannya,” lanjutnya.

Yang terpenting, lanjut Yuniga, nilai-nilai dasar agar mereka lulus uji kompetensi ini ada tiga hal yaitu, nilai skill, knowledge, dan attitude. “Tiga hal tersebut yang menjadi keutamaan agar peserta ini menjadi lebih profesional,” pungkasnya.

Reporter: ddy, Rio
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*