“Tim Pelaksana Inovasi Desa” Dorong Desa-desa Agar Berinovasi untuk Tingkatkan Layanan Masyarakat

Pelatihan bagi Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) yang diadakan oleh Tim Inovasi Kabupaten bogor (dok. KM)
Pelatihan bagi Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) yang diadakan oleh Tim Inovasi Kabupaten bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Bogor menggelar pelatihan kapasitas bagi Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Region 3 di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, pada 21-23 November 2018.

TPID dibentuk untuk meningkatan wawasan tentang keinovasian, serta untuk input dan output atas pelaksanaan program kerja TIK yang dilakukan secara berkesinambungan.

Ketua TPID Kecamatan Nanggung Iyan Sopyan menjelaskan, pelatihan ini bertujuan agar setiap desa di Kabupaten Bogor “senantiasa mempunyai inovasi,” yang kemudian inovasi dapat dirasakan manfaatnya untuk warga Desa.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini dihadiri oleh hampir 40 lebih peserta dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Bogor, diantaranya Kecamatan Nanggung, Cigudeg, Jasinga, Tenjo, Leuwisadeng, Leuwiliang dan Kecamatan Sukajaya,” ujar Iyan.

Dalam kegiatan ini Iyan berharap peserta pelatihan dapat memahami wawasan tentang TPID, dimana inovasi adalah suatu bentuk teknologi baru, tepat guna dan sasaran, dari segala macam masalah di desa. “Saya sangat berharap kepada para peserta dari seluruh kecamatan untuk memahami dan kemudian dapat menuangkannya dalam bentuk ide, inovasi dan komitmen terhadap desanya masing-masing.”

“Selain itu inovasi hendaknya dikembangkan di era milenial ini, oleh para penggerak kepemudaan dengan cita karya yang baru sebagai wujud memperkuat khasanah lokal dan wujud jati diri bangsa,” tutupnya.

Reporter: ddy/Rio
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*