Rutin Tanam Pohon, GTP Harapkan Apresiasi dan Dukungan dari Pemkot Bogor

Giat Tanam Pohon GTP ke-195 di Perumahan Taman Yasmin Sektor 5, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor 11/11/2018 (dok.KM)
Giat Tanam Pohon GTP ke-195 di Perumahan Taman Yasmin Sektor 5, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor 11/11/2018 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Giat Gerakan Tanam Pohon (GTP) ke-195 digelar di Jalan Palem Raya 1 No. 9 Perumahan Taman Yasmin Sektor 5, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu 11/11.

Menurut Inisiator GTP Heri Cahyono, pihaknya setiap Minggu selalu mendapat permintaan dari warga di perumahan-perumahan, bahkan sampai sulit membagi waktunya. “Ini menunjukkan partisipasi dari masyarakat yang sangat luar biasa, tentu dengan partisipasi masyarakat, akan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Bogor itu kepada awak media usai kegiatan.

Ia pun berharap pemerintah melihat dan memberi dukungan terhadap kegiatan GTP.

“Kami berharap pemerintah Kota Bogor dan jajarannya melihat apa yang sudah diperbuat GTP, seharusnya dukungan secara moril itu bisa ditunjukkan oleh pemerintah, mulai dari Walikota, Camat, Kepala Dinas, Lurah karena masyarakat ini juga sudah bergerak secara rutin setiap minggu di wilayah-wilayah Kota Bogor. Kota Bogor adalah rumah kita, kita sama-sama ingin menciptakan lingkungan yang baik. Tentunya pemerintah sebagai leadernya, ketika ada masyarakat yang bergerak ke arah perbaikan lingkungan yang membantu tugas-tugas pemerintahan, pemerintah harusnya memberikan apresiasi dan juga dukungan baik moril maupun materil,” ujarnya.

Advertisement

Sementara pakar lingkungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Hadi S. Alikodra mengatakan, kegiatan GTP merupakan “perkembangan lebih lanjut dari orang yang mempunyai konsen perhatian terhadap lingkungan”, khususnya pohon. “Kita ingin mendorong satu gerakan yang lebih mengarah ke implementasi, jadi GTP ini sudah sangat bagus sekali,” ujarnya.

“Di giat GTP ini agak langka, ada beberapa dimensi di sini, ada eksekutif ada legislatif ada pakar, ada kawan-kawan RT dan RW, karena kita sangat kesulitan untuk mengembangkan moral-moral mengenai menanam pohon,” kata Hadi.

Pakar itu pun menghimbau agar semua pihak juga memperhatikan pemeliharaan terhadap pohon-pohon yang ditanam.

“Untuk Kota Bogor sendiri, menurut saya sudah menanam dengan baik, pinggir jalan sudah ditanami, tepi jalan juga sudah ditanami, akan tapi perawatan ini yang menjadi masalah nantinya, karena banyak pohon yang tumbang terkena rayap dan semacamnya jadi mestinya ada pemeliharaan.”

“Kalau kita lihat dari negara maju pohon itu dipelihara satu persatu, dilihat kesehatannya, jadi mestinya seperti itu, jadi taman itu bukan hanya saja ada pohon, tetapi indah juga dilihat sesuai dengan keinginan masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: ddy, Rio
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: