Pemdes Sukaharja Cijeruk Habiskan Rp100 Juta Untuk Bangun Jalan Lingkungan

Jalan lingkungan di Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Guna meningkatkan perekonomian warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Sukaharja, Kecamatan Cijreruk, Kabupaten Bogor, terus meningkatkan kualitas jalan lingkungan (jaling). Melalui dana BANPROV tahun 2018 ini, Pemdes Sukaharja mengalokasikan anggaran sebasar Rp 100 juta untuk proyek jalan lingkungan 738 meter dan lebar 1 meter di Kampung Selaawi dan Kampung Ciconggang.

Kepala Desa Sukaharja, Santoso menjelaskan, kegiatan pembangunan jalan lingkungan dikerjakan swakelola melalui pola padat karya. “Melalui pembangunan ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga, masyarakat sering kesulitan untuk melintasinya terlebih ketika hujan datang, dan saya yakin dengan dibetonisasi jalan ini sehingga kendaraan bisa masuk dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi,” kata Santoso kepada KupasMerdeka.com Selasa 13/11.

Menurut Santoso, pembangunan jalan di 3 Kampung ini sudah mencapai 100 persen, dan diharapkan bisa memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengguna jalan. Sementara itu, agar kualitas bisa tahan lama atau tidaknya itu kembali kepada masyarakat itu sendiri. Artinya, tidak hanya Pemdes yang menjaga kondisi jalan itu tetap baik, melainkan peran masyarakat dalam menjaga kualitas diharapkan untuk peran serta. ”Betonisasi ini saya rasa sudah sesuai standar, tapi kualitas itu dikembalikan lagi kepada masyarakat apakah bisa menjaga atau tidak,” ujar Santoso di kantor desanya.

Advertisement

Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Wawan menambahkan, pengerjaan pembangunan jalan yang ditargetkan satu minggu ini harus selesai tepat waktu, karena hingga saat ini pengerjaan tidak mengalami kendala apapun, material maupun pekerjanya semua berjalan dengan baik. “Alhamdulillah sudah rampung. Saya berharap masyarakat bisa ikut menjaga jalan ini agar pemanfaatannya bisa dirasakan lebih lama. Dengan terus melakukan peningkatan jalan poros desa, pertumbuhan ekonomi di Desa Margatirta ini akan mengalami peningkatan yang bagus,” tuturnya.

Warga setempat turut mengapresiasi langkah Pemdes Sukaharja yang terus melakukan pembenahan infrastruktur jalan. “Karena dengan jalan yang bagus, masyarakat akan mudah menjual hasil panen buminya ke pasar. Sebelum adanya peningkatan jalan ini, masyarakat khususnya petani sering mengeluhkan kondisi jalan terlebih saat musim penghujan. Selain jalan, kini masyarakat juga menikmati hasil pembangunan desa,” ujarnya.

Reporter : Budi
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: