Asesor LSP: Sertifikasi Profesi Penting Ketika SDM Indonesia Harus Bersaing dengan TKA

BOGOR (KM) – Sertifikasi bagi para karyawan yang bekerja dalam bidang usaha sangat penting dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini. Ketika warga negara asing sudah bebas untuk memasuki dunia usaha di Indonesia, sertifikasi inilah yang akan menjaga kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam persaingan tersebut. Hal tersebut diungkapkan Asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Eddy Sugiarto.

“Tenaga kerja Indonesia harus siap bersaing dengan tenaga asing. Untuk itu setiap tenaga kerja diharapkan telah bersertifikasi agar tidak tergerus atau bahkan hilang karena kalah persaingan dengan negara luar,” kata Eddy usai kegiatan uji kompetensi/Sertifikasi Pelaku Usaha Akomodasi di Hotel Green Peak, Puncak, Kabupaten Bogor, Rabu 21/11.

Advertisement

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten (Disbudpar) Bogor sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Bogor, juga turut mendukung kegiatan pemberian sertifikasi tersebut. Artinya Pemerintah telah menyiapkan perangkat hukum untuk melindungi tenaga kerja, dengan jalan memberikan sertifikasi sehingga kalangan pelaku usaha tidak perlu lagi khawatir dalam menghadapi globalisasi tersebut,” terangnya.

Uji kompetensi hari ini, lanjut Eddy, untuk bidangnya Food, Beverage and Service, yakni mereka yang bergelut di bidang pelayanan, khususnya hotel dan restoran. “Sebagai Asesor kita berusaha menggali potensi mereka, sebetulnya mereka ini sudah banyak pengalaman, tapi menjadi tanggung jawab asesor untuk menetapkan kompeten atau tidak,” pungkasnya.

Reporter: ddy, Rio
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: