“Roadshow” Bus KPK Singgah di Banyumas, Edukasi Warga Tentang Pencegahan Korupsi

Roadshow Bus KPK di Banyumas dengan motto
Roadshow Bus KPK di Banyumas dengan motto "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi", Rabu 24/10/2018

PURWOKERTO (KM) – KPK mengadakan Roadshow Bus KPK yang kali ini bertempat di Alun-alun Purwokerto, dalam rangka sosialisasi dan edukasi masyarakat terkait dengan pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Bupati Banyumas Achmad Husein meminta Inspektur Kabupaten Banyumas Muntorichin untuk memberi “lampu hijau” bagi siapapun yang akan memberikan sosialisasi anti korupsi, termasuk KPK.

“Bupati berpesan agar Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar dan tokoh masyarakat ikut memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya agar apa yang disampaikan KPK bisa jadi pedoman bekerja lebih amanah dan jujur,” kata Muntorichin.

Sementara Ketua Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi (GNPK) Banyumas Edo Damaraji mengapresiasi program ini, yang menurutnya “sangat relevan” untuk menumbuhkan budaya antikorupsi.

“Sejalan dengan Undang-undang No. 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Pasal 6d: melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi dan pasal 6c: menyelenggarakan program pendidikan antikorupsi pada setiap jenjang pendidikan dan pasal 6c: melakukan kampanye antikorupsi kepada masyarakat,” terangnya.

Advertisement

“Kami mengapresiasi hal ini karena pencegahan ini cost-nya lebih murah dibandingkan dengan penindakan. Kalau kasus besar seperti e-KTP dan sebagainya bisa dicegah, berapa milyar uang negara bisa dihemat antara lain dengan mengejar tersangka dan seterusnya. Makanya pencegahan KPK dengan mendatangi elemen- elemen masyarakat, dosen, mahasiswa, pelajar dan masyarakat banyak diapresiasi untuk mendukung sepenuhnya dan bermitra dengan KPK,” pungkasnya.

Reporter: Evie
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: