Peringati Hari Anak Nasional, Bima Arya Singgung Banyaknya Hoax Penculikan Anak

Walikota Bogor turut memperingati Hari Anak Nasional di Sempur, Bogor, Rabu 31/10 (dok. KM)
Walikota Bogor turut memperingati Hari Anak Nasional di Sempur, Bogor, Rabu 31/10 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pertumbuhan anak-anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor genetika. Dari genetika itu asupan makanan dan keturunan, sedangkan dari lingkungan itu keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Semua pihak memiliki tanggung jawab bersama untuk memastikan kedua faktor itu secara maksimal. Asupan gizi yang baik, fasilitas kesehatan yang baik dan lingkungan yang baik,” ungkap Walikota Bogor, Bima Arya usai Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2018 tingkat Kota Bogor di Taman Ekspresi, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu 31/10.

“Dalam faktor lingkungan ada dua, yakni luar dan dalam rumah. Untuk lingkungan di luar rumah menjadi tanggung jawab bersama, sementara untuk lingkungan di dalam rumah peranan keluarga menjadi hal yang dominan,” lanjut Bima.

“Keberadaan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), program dokter keluarga, program sekolah ibu, beasiswa, fasilitas ruang publik ditujukan untuk mendukung komitmen Kota Bogor sebagai Kota Layak Anak,” tutur Bima.

Advertisement

Kata Bima, untuk kasus kekerasan pada anak pihak Pemkot berusaha membangun sistem monitoring atau laporan, sehingga bisa cepat dilaporkan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bogor dan segera ditindaklanjuti oleh Kepolisian.

“Jadi proses hukumnya harus tegas dan jelas,” ujar Bima.

Berkaitan informasi penculikan anak yang belakangan ini ramai diperbincangkan hingga menjadi viral di media sosial, menurutnya itu berita bohong. Dirinya menduga ada pihak-pihak tertentu yang ingin membuat kekisruhan di tengah masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Menyebarkan berita bohong itu sangat kejam dan keji karena menimbulkan kekhawatiran warga,” tegasnya.

Tema Hari Anak Nasional Tahun 2018 mengusung Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat (GENIUS) Untuk itu, Bima meminta agar semua pihak fokus pada keempat aspek tersebut dalam memberikan hak-hak anak.

Reporter: Rio, ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: