Peningkatan Jalan Desa Kace Timur Dikerjakan Tanpa Pengawas, Kadis PUPR Bangka Sulit Dimintai Keterangan

Papan plang proyek peningkatan jalan di Desa Kace Timur, Kabupaten Bangka (dok. KM)
Papan plang proyek peningkatan jalan di Desa Kace Timur, Kabupaten Bangka (dok. KM)

BANGKA (KM) – Pelaksanaan proyek peningkatan jalan di Desa Kace Timur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, diduga dikerjakan tanpa adanya pengawas dari dinas penyelenggara kegiatan. Selain itu, awak media juga menghadapi kesulitan ketika ingin melakukan konfirmasi dengan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bangka.

Proyek pekerjaan peningkatan jalan Desa Kace Timur dilaksanakan oleh perusahaan PT. Baliton Cakra Perdana, dengan pembiayaan dari APBD Kabupaten Bangka tahun 2018 sebesar Rp 1.352.974.000.

Menyikapi ini, ketua harian ormas Laskar Merah Putih Provinsi Babel, Rizal, dan Ketua LSM FORASDA Babel, Maulana, angkat bicara di hadapan wartawan KM, Sabtu 6/10.

“Setiap hari kami selalu memantau pekerjaan proyek ini, tidak pernahnya kami melihat pihak pengawas, kalaupun ada pengawas dari Dinas PUPR Bangka Induk yang turun ke lokasi pekerjaan dapat dihitung dengan jari, dan itupun bertemu dengan kami di lokasi pekerjaan hanya satu kali saja,” ujar Rizal, didampingi Maulana.

Saat ini pihak perusahaan PT. Baliton Cakra Perdana sedang melakukan pekerjaan pemasangan batu untuk saluran bandar (drainase). Pekerjaan ini pun diduga dikerjakan tidak sesuai dengan speksifikasi, sehingga terkesan asal jadi.

Pekerjaan pemasangan batu saluran drainase diduga tidak sesuai spesifikasi (dok. KM)

Pekerjaan pemasangan batu saluran drainase diduga tidak sesuai spesifikasi (dok. KM)

Sementara itu, Hairil, Kepala Dinas PUPR Bangka Induk, ketika ingin ditemui dan dikonfirmasi di kantornya selalu tidak ada di tempat, sehingga sulit untuk di konfirmasi media.

“Kepala Dinasnya sedang lagi DL (dinas luar), apa yang bisa di bantu? Kalau untuk mengenai pekerjaan, akan saya antar ke bidangnya masing-masing saja pak,” jawab Tari, sekretaris Dinas PUPR.

Namun sayangnya kepala bidang Bina Marga, Panca, juga sedang tidak ada berada di kantor, sehingga keterangan dari pihak Dinas PUPR pun hingga kini belum berhasil didapatkan.

Reporter: Robi Karnito, Herdianto
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*