Bachtiar Aly Sosialisasikan Empat Pilar MPR di UIN Jakarta

Politisi Partai Nasdem Prof. Dr. Bachtiar Aly saat sosialisasi Empat Pilar MPR RI di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa 02/10/2018 (dok. KM)
Politisi Partai Nasdem Prof. Dr. Bachtiar Aly saat sosialisasi Empat Pilar MPR RI di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa 02/10/2018 (dok. KM)

JAKAARTA (KM) – Anggota Dewan Perwakkilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Nasdem asal Aceh Prof. Bachtiar Aly, Selasa (2/10) menggelar sosialisasi empat pilar MPR RI di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Acara yang berlangsung di Gedung Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu diikuti oleh segenap dosen dan mahasiswa.

Bachtiar Aly mengatakan, tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk “menggali nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan.”

“Kegiatan ini nantinya diharapkan bisa menjadi dasar dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan lebih maju dan bermartabat,” ungkap anggota Komisi I DPR RI dari Partai NasDem tersebut. Bachtiar Aly menyebutkan, empat pilar MPR RI yang disosialisasikan tersebut yakni Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Indonesia, UUD 1945 sebagai landasan hukum dan konstitusi, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bentuk negara jika di ibaratkan seperti halnya sebuah bangunan dimana untuk membuat bangunan tersebut menjadi kokoh dan kuat, dibutuhkan pilar-pilar atau penyangga agar bangunan tersebut dapat berdiri dengan kokoh dan kuat,” ujarnya.

Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI ini berharap banyak soal kemajuan bangsa kepada generasi muda. Sebab, generasi muda saat ini terutama mahasiswa “sangat merespon dan mengapresiasi” upaya-upaya pemahaman sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut.

MPR diamanahkan UU untuk melakukan kegiatan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa kepada masyarakat melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Menurut Bachtiar, memberikan pemahaman kepada mahasiswa “sangat efektif”, sebab jika memahami betul nilai-nilai luhur bangsa maka mereka akan bijak apabila kelak mereka menjadi pejabat publik.

“Sampai sekarang berjalannya sosialisasi Empat Pilar MPR, generasi muda bangsa terutama mahasiswa menunjukkan apresiasinya dengan banyak hadir dalam gelaran sosialisasi di seluruh wilayah Indonesia. Generasi muda yang antusias dan memahami betul Pancasila, saya yakin dan optimis soal kemajuan bangsa,” ujar Bachtiar.

“Generasi muda yang berkarakter kebangsaan yang kuat dan pekerja keras akan mampu menjadi penyelamat negara ini termasuk menjadi pimpinan nasional. Generasi muda mahasiswa jangan takut untuk menggapai itu semua, asal bekerja keras maka Insya Allah akan tercapai,” katanya.

Dalam kesempatan itu Bachtiar juga menegaskan kepada para mahasiswa agar bangga dengan kemampuan sebagai anak bangsa Indonesia.
“Generasi muda janganlah silau dengan apapun yang dari luar. Kualitas dan kemampuan bangsa kita tidak kalah dengan bangsa lain, itu harus dicamkan,” tandasnya.

Sementara Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Desmadi Saharuddin, dalam sambutannya mengatakan pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara harus selalu ditumbuh kembangkan dalam mewujudkan cita-cita masa depan Indonesia yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera, adil, makmur, serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat.

“Generasi muda pasca reformasi perlu terus menerus diberikan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan, sehingga untuk menghadapi masa depan bangsa ini akan lebih tegak dan kokoh dalam berbangsa dan bernegara menuju cita-cita proklamasi,” ujarnya.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh segenap pimpinan dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Syarif Hidayatullah, Desmadi Saharuddin, Ade Sofyan Mulazid, Siti Nurhasanah, sekitar 200 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan undangan lainnya.

Reporter: Heryanto
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*