Wabup Bandung Barat: “Gubernur Instruksikan Saya Agar Mencontoh Program Sekolah Ibu di Kota Bogor”

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan serta Ketua Sekolah Ibu Yane Ardian (dok. KM)
Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan serta Ketua Sekolah Ibu Yane Ardian (dok. KM)

BOGOR (KM) – Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengapresiasi program “Sekolah Ibu” yang diketuai oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Yane Ardian Bima Arya.

Dalam sambutannya Hengky mengatakan bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan kepada dirinya agar mencontoh Sekolah Ibu yang berada di Kota Bogor. “Gubernur menginstruksi kepada saya untuk mencontoh Sekolah Ibu yang ada di Kota Bogor, ada salah satu dampak positifnya yang mau cerai tidak akan cerai,” ungkapnya di ruangan Paseban Sri Bima, Kamis (27/09/2019).

“Berkaitan dengan anggaran untuk Sekolah Ibu tersebut, dalam waktu yang tidak lama akan bisa dianggarkan. Mudah-mudahan pada 2019 yang akan datang, ada anggaran untuk Sekolah Ibu ini,” tuturnya.

Sementara Ketua Sekolah Ibu Yane Ardian mengatakan, uji coba Sekolah Ibu tersebut sudah dilaksanakan di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. “Untuk pelatihan, tenaga pelatih sebanyak 30 orang, dan Sekolah Ibu ini akan ada di setiap kelurahan,” ungkapnya.

“Ya masing-masing kelurahan yang berjumlah 68 kelurahan ada dua tenaga pengajar, oleh karena itu dibutuhkan tenaga pengajar sebanyak 136 orang,” katanya.

Ditambahkan Yane, Sekolah Ibu ini mengajarkan 18 modul atau materi yang berisi tentang penguatan peran ibu dalam rumah tangga. Beberapa dari materi tersebut mengandung materi psikologis.

“Setelah mengikuti Sekolah ibu, para ibu akan diwisuda dan mendapatkan sertifikat kelulusan dari PKK Kota Bogor selaku penyelenggara dan begitu juga dengan para pengajar akan mendapatkan sertifikat pengajar dari Pemkot Bogor,” terangnya.

Sebelumnya, Calon anggota legislatif Kota Bogor dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) daerah pemilihan (Dapil) Tanah Sareal nomor urut 7 Harry Ara, juga “sangat mengapresiasi” program Sekolah Ibu tersebut.

“Ya saya dukung penuh Sekolah Ibu, sebab pembangunan sebuah kota bukan saja membangun fisiknya tapi pembangunan non fisik, salah satunya sumber daya manusia. Saya kira apa yang dilakukan Walikota Bogor Bima Arya merupakan bentuk komitmennya terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ungkapnya kepada wartawan, kemarin 26/09.

Menurutnya, hal ini sangat baik dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya bagi para ibu. “Secara objektif saya menilai Sekolah Ibu ini sangat strategis, sebab melalui ibu, peran pendidikan anak sangat efektif di luar jam sekolah,” ujar Ara, sapaan akrabnya.

Reporter: ddy, Rio
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*