SMPN 3 Depok Terapkan Bank Sampah Sebagai Wujud Peduli Lingkungan

Kegiatan Jumsih memilah sampah di SMPN 3 Depok (dok. KM)
Kegiatan Jumsih memilah sampah di SMPN 3 Depok (dok. KM)

DEPOK (KM) – Menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan merupakan wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini selayaknya menjadi tanggung jawab semua pihak guna menjaga lingkungan dari berbagai bentuk pencemaran yang sangat berpengaruh pada kualitas kesehatan masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Selaras dengan motto Kota Depok yang “Unggul, Nyaman, dan Religius,” SMP Negeri 3 Depok menerapkan kegiatan bank sampah sebagai wujud nyata kepedulian mereka terhadap lingkungan. Pelaksanaan dilakukan setiap hari Jumat dalam kegiatan Jumsih.

“Mekanismenya yaitu siswa setiap hari memilah sampah di kelasnya masing-masing dan dikumpulkan hari Jumat pagi untuk disetorkan ke bank sampah yang akan membelinya, dan uangnya masuk ke dalam buku tabungan kelas,” ujar Erna Iriani, kepala sekolah SMPN 3 Depok.

Lebih lanjut Erna menjelaskan jika uang yang terkumpul digunakan untuk membeli kantong plastik guna melapisi tempat sampah di kelas masing-masing serta untuk keperluan lainnya. “Kegiatan tersebut dilaksanakanan sesuai dengan visi SMPN 3 Depok yang bertaqwa, unggul, dan peduli lingkungan,” kata Erna kepada kupasmerdeka.com (18/9).

Menurut Erna, kegiatan bank sampah memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi kebersihan lingkungan, namun juga berdampak positif pada kepribadian siswa baik saat ini maupun untuk masa depan.

“Manfaat nya yaitu membangun karakter peduli lingkungan dan gotong royong, menanamkan jiwa entrepreneur dengan menjadi pengelola sampah, siswa menjadi terbiasa memilah sampah, berkurangnya sampah plastik di sekolah, terjaga kebersihan sekolah, dan rajin menabung melalui sampah tersebut,” pungkas Erna dengan wajah sumringah.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*